Usai Diperiksa, Irjen Sambo: Saya Beri Keterangan Apa yang Saya Lihat

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA – Kepala Divisi Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo telah selesai diperiksa dan memberikan keterangan terkait kasus baku tembak antara Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan Bharada E. Dia diperiksa di gedung Bareskrim, Jakarta pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Dalam keterangannya, Sambo mengaku telah menyampaikan semua hal yang diketahuinya atas peristiwa di rumah dinas Polri yang sedang dipercayakan kepadanya di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022 ke penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim.

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Photo :
  • ANTARA
Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

“Hari ini saya sudah memberikan keterangan apa yang saya ketahui, saya lihat, saya saksikan terkait dengan peristiwa yang terjadi di rumah dinas saya Duren Tiga,” kata Irjen Sambo.

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham
Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Selanjutnya Ferdy Sambo menyerahkan sepenuhnya proses hukum ini kepada penyidik Bareskrim agar bisa terungkap secara tuntas.

Dia mengatakan mempersilakan ditanyakan kepada tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengenai keberlanjutan penyidikan itu.

Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir Yosua atau Brigadir J

Photo :
  • tvOne

“Mari sama-sama kita percayakan kepada tim khusus yang menjelaskan secara terang-benderang. Itu saja yang bisa saya sampaikan selengkapnya silakan tanyakan kepada penyidik,” kata Ferdy Sambo. 

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

Penuhi Panggilan

Sebelumnya, Kadiv Propam nonaktif Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo memenuhi panggilan tim penyidik Bareskrim Polri pada Kamis, 4 Agustus 2022. 

Ferdy Sambo tiba di Lobby Bareskrim Polri pukul 09.56 WIB pagi.  Dalam pantauan VIVA, Irjen Ferdy Sambo dikawal oleh tim provos beserta satu ajudannya. Setelah turun dari kendaraan roda empat, merk Kijang Inova, Ferdy Sambo memberikan beberapa pernyataannya.

Irjen Ferdy Sambo bersama Anggota Komnas HAM Choirul Anam

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Ferdy Sambo meminta maaf kepada institusi Polri terkait peristiwa baku tembak yang terjadi di rumah dinasnya di Komplek Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan pada Jumat 8 Juli 2022 lalu.

Kemudian, dia juga meminta masyarakat tenang dan tidak berspekulasi atas tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Selain itu, Ferdy Sambo juga meminta kepada masyarakat agar sabar menunggu kelarnya pemeriksaan oleh tim penyidik Bareskrim Polri. 

Prarekonstruksi penembakan Brigadir J di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Ferdy Sambo juga mengungkap keadaan istri dan dan keempat anaknya, yaitu mengalami trauma atas kasus yang terjadi di rumah dinasnya tersebut.  Oleh sebab itu, Ferdy Sambo meminta doa dari masyarakat agar istri dan keempat anaknya segera pulih dari trauma dan kondisi sulit yang menimpa keluarganya itu.

Terakhir, dia juga menyampaikan turut berduka cita dan bela sungkawa atas tewasnya Brigadir J. 

Rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta.

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

Berikut pernyataan lengkap Ferdy Sambo di Lobby Gedung Bareskrim Polri:

Saya hadir memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri. Pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan yang keempat saya sudah memberikan keterangan kepada penyidik Polres Jaksel, Polda Metro Jaya dan sekarang yang keempat di Bareskrim Polri. Selanjutnya saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada institusi terkait peristiwa yang terjadi di rumah dinas saya di Duren Tiga.

Kemudian yang kedua saya selaku ciptaan tuhan menyampaikan permohonan maaf kepada institusi Polri demikian juga saya menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Brigadir Josua, semoga keluarga diberikan kekuatan, namun semua itu terlepas dari apa yang telah dilakukan saudara Josua kepada istri dan keluarga saya.

Selanjutnya saya harapkan kepada seluruh pihak - pihak dan masyarakar untuk bersabar, tidak memberikan asumsi persepsi peristiwa di rumah dinas saya. Saya mohon doa agar istri saya segara pulih dari trauma dan anak - anak saya juga bisa melewati kondisi ini, sekian dan terima kasih.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya