Pengacara Brigadir J Heran Sambo Diperiksa Pakai Seragam Kadiv Propam

Pengacara Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.
Sumber :
  • ANTARA/Tuyani

VIVA Nasional - Kuasa hukum keluarga Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak heran dengan proses pemanggilan eks Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo pada Kamis kemarin. Sambo saat diperiksa sebagai saksi tapi masih menggunakan baju dinas Kadiv Propam. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Kamaruddin menilai tim penyidik Polri masih belum melakukan penyidikan on the track atau sesuai rel. Salah satunya, ia menyindir Sambo menggunakan pakaian Kadiv Propam lengkap dengan atributnya. Padahal, status jenderal bintang dua saat itu dinonaktifkan dari Kadiv Propam.

"Malahan Bapak Ferdy Sambo dipanggil sebagai saksi kemarin oleh tim penyidik. Tapi, dia tidak datang sebagai saksi, dia datang sebagai Kadiv Propam dengan mempergunakan pakaian Kadiv Propam lengkap dengan pangkatnya, atributnya, termasuk list merah di leher maupun di pundaknya," kata Kamaruddin dalam diskusi bersama Aktivis Batak dan Forum Mahasiswa Sumut Jakarta via Zoom, Jumat 5 Juli 2022.

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

Dia pun menyoroti Sambo yang dikawal para ajudannya saat menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. Kamaruddin juga sindir kondisi istri Sambo, PC, yang diduga sudah sehat karena setiap hari bersama dengan kuasa hukumnya.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Menurut dia, seharusnya tim penyidik sudah bisa meminta keterangan istri Sambo. 

"Apakah ibu Putri sudah dimintai keterangan? Padahal ibu Putri sudah sangat sehat, tiap hari dia bisa bersama dengan penasehat hukumnya, harusnya kan sudah bisa dimintain keterangan," ujar Kamaruddin.

Sebelumnya, eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri terkait kasus kematian ajudannya, Brigadir J. 

Sambo terlihat mendatangi gedung Bareskrim Polri, Kamis, 4 Agustus 2022. Dia diperiksa penyidik Bareskrim sebagai saksi terkait kasus tewasnya anak buahnya tersebut. Begitu tiba di Bareskrim, Sambo yang dikawal para ajudannya sempat memberikan pernyataan di depan media.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya