Menag Yaqut Minta Kenaikan Kuota Haji 100 Persen ke Arab Saudi

Menag Yaqut saat bersama jemaah haji di Arafah
Menag Yaqut saat bersama jemaah haji di Arafah
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa komunikasi Indonesia dengan Arab Saudi terus dilakukan untuk pelaksanaan Ibadah Haji pada tahun 2023 mendatang. Seusai pelaksanaan haji tahun ini, Yaqut langsung bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi untuk membahas persiapan haji pada tahun mendatang.

Salah satu yang dibahas oleh Yaqut adalah mengenai keinginan Indonesia untuk menambah kuota jemaah haji pada tahun 2023 mendatang. Yaqut meminta ke Kementerian Haji Arab Saudi, agar kuota jemaah haji Indonesia dapat dinaikkan 100 persen pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 nanti.

"Mudah-mudahan tahun depan (kuota) bisa bertambah. (Jumlah kuota) belum tahu, itu keputusannya di Saudi, tapi saya mintanya 100 persen dia ketawa, jadi kita bicarakan situasinya, kata dia," kata Yaqut kepada awak media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 15 Agustus 2022.

Ribuan Jemaah Haji Tawaf Wada Usai Sholat Subuh

Ribuan Jemaah Haji Tawaf Wada Usai Sholat Subuh

Photo :
  • MCH 2022/Susanto

Menurut Yaqut, keinginan Indonesia untuk menambah kuota jemaah haji itu juga tak lepas dari banyaknya antrean jemaah haji di Indonesia dari tahun ke tahun. Politikus PKB ini mengungkapkan, kondisi antrean yang panjang juga terjadi pada jemaah haji yang memasuki usia lanjut.

Yaqut mengaku telah menjelaskan kondisi jemaah haji usia lanjut di Indonesia yang jumlah antreannya mencapai 700 ribu jemaah. Apabila mereka yang berusia lanjut itu dibatasi dan tidak diperbolehkan berangkat seperti pada tahun ini, maka jumlah antreannya akan semakin panjang

"Jemaah lansia Indonesia antreannya mencapai 700 ribu jemaah, jadi kalau mereka dibatasi sampai 65 thaun seperti tahun ini, mereka kasihan yang 700 ribu itu," kata Yaqut.

Salah satu cara untuk mengurangi antrean tersebut adalah dengan memperbolehkan jemaah lansia melaksanakan ibadah haji pada tahun depan. Yaqut mengungkapkan bahwa Kementerian Haji Arab Saudi berencana untuk memberikan kuota khusus untuk jemaah lansia pada pelaksanaan ibadah haji pada waktu yang akan datang.

Polisi wanita khusus mendampingi jemaah haji lansia di Tangerang.

Polisi wanita khusus mendampingi jemaah haji lansia di Tangerang.

Photo :
  • Sherly/ Tangerang

Mengenai kuota khusus lansia itu, akan dibicarakan lebih detail dalam gugus tugas (task force) yang dibentuk antara Kementerian Agama RI dengan Kementerian Haji Arab Saudi.

"Mereka (Kementerian Haji Arab Saudi) menjanjikan insya Allah ada kuota khusus untuk lansia, tapi nanti akan kita bicarakan secara detail di task force yang kita bicarakan ini, yang kita bikin ini," ujarnya