Teks Proklamasi Asli Dipamerkan di HUT Kemerdekaan Indonesia

Penyerahan teks proklamasi Asli
Sumber :
  • Antara

VIVA Nasional – Teks proklamasi kemerdekaan asli yang ditulis oleh pendiri negara dan presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno dipamerkan di dalam Istana Merdeka saat upacara Hari Kemerdekaan Indonesia hari ini 17 Agustus 2022.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Mengutip dari Antara, menerangkan bahwa Sekretariat Presiden menerima naskah proklamasi asli dari Arsip Nasional Indonesia (ANRI) pada Selasa, 16 Agustus 2022 dan telah dipajang bersama dengan bendera pusaka merah putih.

“Ini merupakan tahun ketiga kerja sama Sekretariat Presiden dengan ANRI untuk mempresentasikan dan menampilkan naskah proklamasi asli dengan bendera pusaka di Istana Merdeka pada upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun 2022,” kata Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko.

Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

Penyerahan teks proklamasi Asli

Photo :
  • Antara

Kartiko mencatat, ANRI telah menilai kondisi ruangan yang diharapkan menjadi tuan rumah pajangan di Istana Merdeka untuk memastikan tidak membahayakan peninggalan berharga nasional ini.

Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel, Jokowi Harap Ada Hotel di IKN Rampung Sebelum HUT RI

“Alhamdulillah, sudah terpenuhi syarat ruangan di keraton yang dijadikan sebagai tempat pajangan sementara teks proklamasi,” ujarnya.

Sekretariat Presiden juga berpartisipasi dalam proses penilaian risiko tahunan ANRI untuk memastikan peninggalan nasional itu tetap terjaga dengan baik untuk generasi mendatang, kata kepala sekretarian.

Kartiko mencatat, Sekretariat Presiden akan mengembalikan naskah proklamasi ke Arsip Nasional pada Kamis, 18 Agustus 2022.

“Kami mewakili pimpinan Sekretariat Presiden mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerjasama ANRI untuk terselenggaranya acara ini,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo memakai pakaian adat Buton dalam upacara HUT ke-77 RI.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

Sementara itu, Ketua ANRI Imam Gunarto juga mengapresiasi semua pihak yang turut serta dalam proses menampilkan naskah proklamasi asli saat HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

“Untuk melanjutkan apa yang telah kita lakukan pada tahun-tahun sebelumnya, ANRI, Sekretariat Presiden, dan Sekretariat Negara telah bersama-sama mempersiapkan upacara penyerahan pusaka nasional, dan teks proklamasi asli yang ditulis oleh Soekarno juga akan ditampilkan pada peringatan HUT RI ke-77. Merdeka,” ujar Gunarto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya