Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak
Sumber :
  • AP Photos

Jakarta – Upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024, akan digelar di Ibu Kota Nusantara atau IKN, di Kalimantan Timur. Alutsista milik TNI Angkatan Darat, turut dikerahkan ke sana.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Tentara Nasional Indonesia (TNI AD) mengerahkan ribuan prajurit dan sejumlah alutsista memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), ibu kota negara masa depan Indonesia pada 17 Agustus 2024.
 
TNI AD bakal mengerahkan sekitar 1.500 hingga 2.000 prajurit dan alutsista, jelas Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Penajam, Rabu, untuk mengikuti upacara kenegaraan perdana di Istana Kepresidenan di ibu kota negara baru Indonesia.

"Prajurit dan alutsista dikerahkan untuk pelaksanaan upacara, serta pengamanan pertahanan udara, pertahanan medan dan segala macam," tambahnya, dikutip dari Antara.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

TNI AD juga bakal mempresentasikan alutsista pertahanan Kota Nusantara, lanjut dia, karena harus ada alutsista siap siaga di ibu kota negara masa depan Indonesia itu.

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak menjelaskan rencana itu saat melakukan kunjungan ke Kota Nusantara yang terletak di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kecamatan Sepaku.

Keluarga Tegaskan Lettu Agam Tak Pernah Lakukan Kekerasan Fisik ke Istrinya

"Kami melihat langsung untuk meyakinkan apakah rencana pembangunan IKN sesuai kondisi terakhir yang dilaporkan dan target yang ditetapkan," tegasnya.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melihat langsung lapangan Istana Negara di kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara yang bakal digunakan untuk upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Kemudian berkeliling melihat kemajuan pembangunan IKN, serta memantau pembangunan ibu kota negara baru Indonesia itu menggunakan teropong dari area ketinggian di kawasan Glamping Kota Nusantara.

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menggunakan jalur perairan dari Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Kami ingin mengetahui, kunjungan sebelumnya gunakan jalur darat dan kunjungan kali Ini gunakan jalur perairan, jadi dari Kota Balikpapan ke Kota Nusantara bisa melalui jalur darat dan perairan," kata Maruli Simanjuntak.
 
Kesultanan Paser memberikan gelar Kaka Demong Agung Bela Negara yang memiliki makna pemimpin yang agung pembela negara.kepada KSAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak, saat di titik nol Kota Nusantara dalam rangkaian kunjungan ke ibu kota negara baru Indonesia. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya