Brigjen Djon Afriandi Jabat Danjen Kopassus, Karir Mentereng Peraih Adhi Makayasa

Brigjen Djon Afriandi jabat Danjen Kopassus
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengangkat Brigjen TNI Djon Afriandi sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggantikan Mayjen Deddy Suryadi yang dimutasi sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

Pergeseran jabatan perwira tinggi di Korps Baret Merah tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Iwan Lepas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 642/Kapuas ke Medan Laga

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 38 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu, 21 Februari 2024.

VIVA Militer: Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer
Terjun dari Langit, Hantu Rimba Kopassus TNI Gabung SAF Serbu Kota Kosmopolitan Dunia

Brigjen Djon Afriandi merupakan lulusan terbaik Akademi Militer 1995 dan peraih Adhi Makayasa.  Djon berasal dari satuan infanteri Kopassus dan beberapa kali memegang jabatan penting di satuan elite TNI AD tersebut.

Sebelum diangkat menjadi Danjen Kopassus, Brigjen Djon Afriandi menduduki jabatan sebagai Staf Khusus KSAD.

Pria kelahiran Payakumbuh pada 14 Juni 1972 itu juga tercatat pernah menjabat jabatan penting di TNI maupun TNI AD. Pangkat Jenderal Bintang Satu Djon pecah ketika menjabat Danmentar Akademi TNI. Sebelumnya, ia menjabat Danrem 012/Teuku Umar dengan pangkat Kolonel TNI.

Moeldoko Minta Publik Tak Khawatir Revisi UU TNI Kembalikan Dwifungsi, Klaim Tak Ada Aneh-aneh

Di Satuan Kopassus, Djon pernah menjabat Danyon 13 Grup 1/Kopassus (2010-2011), Asops Danjen Kopassus (2016-2017, lalu Dan Grup 1/Kopassus (2016-2017).

Selain di Korps Baret Merah, Brigjen Djon juga pernah bertugas di Satuan Pasukan Pengaman Presiden atau Paspampres sebagai Danden 1 Grup A Paspampres (2011-2013), dan Wadan Grup A Paspampres (2013-2014).

Dengan promosi jabatan sebagai Danjen Kopassus, pangkat bintang Djon Afriandi otomatis akan naik satu tingkat dari semula Brigjen TNI menjadi Mayjen TNI Djon Afriandi.

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sidang Pantukhir Calon Taruna Akmil TNI

Didampingi Kepala Staf Angkatan, Panglima TNI Pimpin Sidang Pantukhir Pusat Taruna Akmil TNI 2024

Sebanyak 1.199 peserta mengikuti seleksi Calon Taruna Akademi Militer TNI di Magelang

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2024