Bakrie Amanah Gelar Pelatihan Penanganan Jenazah di Masjid Al Bakrie

Bakrie Amanah gelar pelatihan penanganan jenazah
Sumber :
  • Bakrie Amanah

VIVA Nasional – Bakrie Amanah mengadakan agenda pelatihan penanganan jenazah. Merawat dan penanganan jenazah merupakan fardu kifayah, dengan hukum ini menjadikan salah satu hal wajib yang perlu untuk dipelajari setiap muslim.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan mengatakan, walaupun pada umumnya merawat dan menangani jenazah dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini tetap harus bisa dipahami oleh setiap muslim.

Bakrie Amanah gelar pelatihan penanganan jenazah

Photo :
  • Bakrie Amanah
Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

"Pengurusan jenazah tidaklah sederhana melainkan cukup kompleks oleh karena itu diperlukannya pelatihan tata cara mengurus jenazah dimulai dari memandikan, mengkafankan, mensalati, mengantar dan menguburkan jenazah. Pelatihan ini penting untuk para pemuda muslim disetiap wilayah selain untuk pengetahuan namun hal ini nantinya juga bisa menjadi regenerasi kedepannya," ujar Setiadi Ihsan dalam keterangannya, di Masjid Al Bakrie, Jakarta Selatan, Rabu 24 Agustus 2022.

Setiadi Ihsan menambahkan bahwa di zaman sekarang ini, ilmu mengurus jenazah menjadi salah satu hal yang sering terabaikan bagi setiap muslim padahal ini sangat penting.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

ilustrasi jenazah dalam ambulans.

Photo :

Adapun pemberi materi, yaitu Abdul Somad Nasseh, dia mengatakan dalam menangani jenazah harus memiliki keberanian karena sifatnya yang wajib. Di dalam penyamapainnya juga, Abdul Somad Nasseh menjelaskan tata cara dan juga alasan kenapa setiap muslim harus mempelajari cara merawat jenazah.

"Selain sebagai fardu kifayah, merawat jenazah menjadi salah satu hal yang wajib apabila diketahui disebuah daerah terdapat jenazah belum ada yang menanganinya, tentu itu menjadi kewajiban seorang muslim yang berada didaerah tersebut sebagai contohnya apabila ada seorang muslim yang tinggal di wilayah minoritas. Namun apabila didaerah tersebut telah ada yang menanganinya gugur sudah tanggung jawab sebagai muslim untuk merawat jenazah tersebut," kata Abdul Somad Nasseh.

Kegiatan yang berlangsung pada saat ini bisa terlaksana karena adanya kolaborasi Bakrie Amanah dengan pihak pihak lainnya, diantaranya adalah DKM Masjid Al Bakrie, Dewan Masjid Indonesia & Hotel Horison Rasuna. 

Selain materi fiqih yang disampaikan setiap peserta juga mendapatkan pelatihan praktek secara langsung bagaimana tata cara memandikan, mengkafani dan juga tata cara merawat jenazah apabila diperlukan penundaan waktu pemakaman. Tentu hal ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi para peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya