Upaya Kementerian Lingkungan Hidup Lestarikan Hutan

Direktur Jenderal PKTL Kementerian LHK Ruandha Agung Sugardiman
Sumber :
  • Dokumentasi KLKH

VIVA Nasional – Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Kementerian LHK, Ruandha Agung Sugardiman membuka sosialisasi program FoLu Net Sink 2030 di Sumatera Selatan bersama Wakil Gubernur Mawardi Yahya. 

Gadis Ini Syok saat Melamar Kerja, Syarat Harus Seksi dan Mau Pakai Kostum Khusus

Dalam kesempatan tersebut, Ruandha menjelaskan bahwa FoLU Net Sink merupakan program yang secara tegas mendukung penurunan emisi yang juga dilakukan di berbagai negara. 

Ilustrasi emisi gas rumah kaca.

Photo :
  • Pixabay
Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

"Jadi kita tau bahwa Sumatera Selatan ini salah satu daerah yang memiliki hutan luas, dan FoLU Net Sink 2030 ini salah satunya adalah membahas mengenai potensi ekonomi pada karbon. Sehingga program ini tentunya bisa menjadi andalan untuk menjaga kelestarian hutan kita, terutama di Sumsel ini," ujar Mawardi, Kamis, 25 Agustus 2022.

Ia juga menjelaskan, bahwa FoLU Net Sink 2030 menjadi landasan perubahan lingkungan ke arah yang lebih baik. 

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

"Saya mengutip ayat dalam Al-qur'an, di mana alam dirusak oleh ulah manusia. Dan ini disebabkan dari banyak hal, perusakan lingkungan, transportasi dan berbagai hal lainnya. 

"Nah, untuk itu, mari sama-sama kita berbagai elemen untuk menjaga, melestarikan hutan dan lingkungan serta menumbuhkan rasa memiliki agar Indonesia bisa mencapai penurunan emisi dan perbaikan lingkungan saat ini, dan di masa mendatang," kata dia. 
 

Ilustrasi hutan.

Photo :
  • http://4muda.com/

Sementara itu, Mawardi mengajak seluruh jajaran Pemprov dan masyarakat untuk mendukung penuh FoLU Net Sink. 

"Saya kadang merasakan, malam saja kita tak jauh beda panasnya dengan siang, kenapa ini bisa terjadi. karena kondisi alam sudah memang harus menjadi perhatian khusus. Untuk itu, mari kita sinergiskan agar program ini bisa mencapai target, agar lingkungan dan kelestarian hutan kita tetap terjaga," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya