Kompolnas Tinjau TKP Kasus Pembunuhan Mutilasi di Papua

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto di Timika Papua
Sumber :
  • VIVA/ Aman Hasibuan

VIVA Nasional – Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, didampingi Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadhani dan Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, meninjau tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan dengan cara mutilasi, di Jalan Budi Utomo Ujung, Timika, Papua, Jumat, 2 September 2022.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Tiba di lokasi, rombongan Kompolnas memantau tempat kejadian serta mendengar keterangan yang diberikan oleh Kapolres Mimika, serta Dir Reskrimum Polda Papua. 

Usai meninjau TKP, rombongan kemudian mendengarkan paparan penanganan kasus serta penunjukan barang bukti oleh Sat Reskrim Polres Mimika. Dimana bertempat di Polres Mimika mile 32 yang turut dihadiri Komnas HAM Provinsi Papua Frits Ramandey.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Benny Mamoto dalam kesempatannya mengatakan, pihaknya hadir di Kabupaten Mimika sebagai pengawas eksternal Polri dalam rangka melakukan supervisi penanganan kasus pembunuhan disertai mutilasi.

“Tadi pagi kami telah meninjau ke TKP, dimana telah terjadi penembakan, pembunuhan dan juga perampasan uang. Kami juga diberikan kesempatan untuk menerima paparan atau gelar perkara oleh Kasat Reskrim dan disaksikan Komnas Ham Provinsi Papua,” terang Benny.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Polri dalam upaya mengungkapan kasus tersebut, yang mana proses penyidikan Polri sudah menggunakan pendekatan scientific crime investigation. Sehingga dengan bukti-bukti yang ada dan didukung keterangan para saksi maka proses pembuktian di pengadilan diharapkan akan jauh lebih lancar.

“Ini adalah langkah transparansi Polri atas penanganan kasus ini, kami mengapresiasi karena dengan transparansi kasus ini maka kita berharap penanganan nantinya dapat obyektif dan sesegera mungkin untuk dapat dilimpahkan ke kejaksaan, sehingga masyarakat nantinya akan bisa mengawal proses persidangan sehingga dapat terjawab apa yang sebenarnya terjadi,” terangnya.

Benny Mamoto mengungkapkan, para pelaku yang telah ditangkap pihaknya tentunya mendorong agar penanganan kasus tersebut sesegera mungkin dapat cepat diproses. Jadi diharapkan dengan dukungan penuh Polda Papua dalam hal ini Dit Reskrimum serta melibatkan unsur TNI atau POM, maka Kapolres Mimika dapat secara optimal menuntaskan kasus ini.

“Kasus ini menjadi atensi publik bahkan bapak presiden. Disamping itu penuntasan kasus ini dengan memburu DPO perlu diintenskan dan kami juga berharap perlu ada langkah-langkah antisipasi dalam rangka meminimalisir dampak kasus ini,” kata Benny Mamoto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya