Menteri Siti: Rehabilitasi Mangrove di RI Jadi Fokus di KTT G20

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya
Sumber :
  • istimewa

VIVA Nasional – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan bahwa pembahasan mengenai rehabilitasi mangrove di Indonesia menjadi salah satu fokus di KTT G20. Mengingat ada dua kawasan konservasi yang bakal dikunjungi kepala negara di ajang internasional tersebut. 

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Kita fokus dengan rehabilitasi, pelestarian mangrove ini, karena Indonesia bukan hanya ikut dalam agenda perubahan iklim, tapi kita akan memimpin presidensi G20 mendatang, dan ini merupakan komitmen Indonesia," ujar Siti Nurbaya dalam keterangannya,Sabtu 3 September 2022.

Menteri LHK Siti Nurbaya di ASEANYouCAN-AMME.

Photo :
  • Dok. KLHK
AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Menurut Siti, pembuktian komitmen tersebut bisa dilihat dari aksi nyata yang telah dilakukan. 

"Jadi upaya restorasi hutan mangrove, restorasi hutan gambut, serta merestorasi lahan-lahan kritis di Indonesia. Nah, keberhasilan pengelolaan mangrove di Bali ini sekaligus memberikan gambaran pembangunan Indonesia dengan prinsip keseimbangan pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan," ungkapnya. 

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Adapun Siti berharap, bahwa berbagai pemangku kebijakan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat atas pentingnya mangrove. 

Siti Nurbaya datang ke Istana Kepresidenan Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.

"Karena memang jika mangrove ini terjaga, maka keuntungannya akan kembali kepada masyarakat. Misal saja Tahura Ngurah-Rai ini, selain menjadi destinasi wisata, tentunya akan memacu pertumbuhan ekonomi lokal," tutupnya. 

Sebagai informasi, Siti Nurbaya terus mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan restorasi mangrove di berbagai wilayah, baik di Pantai Tirang Semarang, dan sembilan titik di Jawa Tengah, maupun Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

Adapun sektor kehutanan menyumbang porsi terbesar di dalam target penurunan emisi gas rumah kaca dengan kontribusi sekitar 60% dalam pemenuhan target netral karbon atau net-zero emission. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya

Photo :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Sedangkan Indonesia memiliki luasan mangrove hingga 22,6 persen dari total keeeluruhan dunia, dimana hal ini tentunya memagang peranan penting. 

Selain itu, mangrove juga memiliki kemampuan menyimpan cadangan karbon 4 sampai 5 kali lebih besar dari tanaman hutan di daratan. Sehingga jika semakin banyak lahan mangrove yang dibuka, maka semakin membantu dalam pengendalian iklim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya