Mahasiswa Akan Kawal Distribusi BLT BBM

Penerima Manfaat BLT BBM di Kantor Pos Solo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Nasional – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara akan mengawal distribusi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM). Bantuan ini akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Pusat BEM Nusantara Reja Anggara dalam Forum Group Discussion (FGD) 'Membongkar Persoalan di Balik Kenaikan Harga BBM' di Aula Rafa Tower Raden Fatah, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). 

"Kami dari BEM Nusantara akan mengawal dan mengawasi yang seperti disampaikan pemerintah bahwa akan menurunkan BLT pada masyarakat untuk memberikan manfaat langsung," kata Reja di lokasi, dikutip Senin, 19 September 2022.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Adapun BLT BBM rencananya akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat sebesar Rp 150 ribu per bulan dan diberikan sebanyak 4 kali. Penyaluran tersebut diberikan dengan skema 2 tahap, di mana masing-masing penerima akan mendapatkan dana sebesar Rp 300 ribu. 

Sampai tanggal 13 September 2022, BLT BBM sudah disalurkan kepada 18.776.287 keluarga penerima manfaat sebesar Rp 5,63 triliun. Pemerintah masih terus menyalurkan BLT ini. 

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Reja pun mendorong pemerintah terus mengatasi dampak penyesuaian harga BBM bersubsidi. Menurut Reja, masyarakat akan terbantu jika dampak tersebut bisa diatasi. 

"Dan kemudian juga kita dari BEM Nusantara menyarankan atau merekomendasikan kepada pemerintah mengatasi dampak-dampak daripada terjadinya penyesuaian harga BBM bersubsidi," tuturnya. 

Reja mengatakan, salah satu sektor yang mesti diperhatikan pemerintah adalah bidang transportasi umum. Reja mengatakan, penyesuaian harga BBM sangat terasa pada sektor ini. 

"Agar kemudian tidak memberatkan masyarakat dalam transportasi umum khususnya," imbuhnya. 

Sementara itu, Mahasiswa Universitas STIEBI Prana Putra Lubuk Linggau, Billy Jordani mendukung penuh langkah BEM Nusantara dalam mengawal distribusi BLT BBM. Billy menyebut pengawalan dari mahasiswa adalah bentuk kegiatan kemanusiaan. 

"Yang jelas kegiatan ini adalah kegiatan kemanusian yang dijalankan oleh mahasiswa terutama BEM Nusantara itu sendiri. Dalam mengawal kegiatan ini kita ikut serta dalam kegiatan BEM Nusantara dan mendukung penuh," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya