Jokowi Telepon Presiden FIFA, Bicarakan Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dirinya telah melakukan komunikasi dengan Presiden Federation Internationale de Football Association atau FIFA, Gianni Infantino terkait peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Jokowi berbicara dengan Gianni Infantino pada Senin malam 3 Oktober 2022.

Jokowi melakukan komunikasi sengan Presiden FIFA setelah dua hari peristiwa kelam itu terjadi. Menurut Jokowi banyak hal yang disampaikannya kepada Gianni Infantino dalam perbincangan tersebut khususnya terkait peristiwa di Kanjuruhan.

"Hari Senin malam saya telah bergabung, berbicara langsung dengan Presiden FIFA Presiden Infantino, berbicara banyak mengenai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang," kata Jokowi kepada awak media usai menghadiri Upacara HUT ke 77 TNI di Istana Negara, Rabu 5 Oktober 2022.

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Photo :
  • (Foto AP/Yudha Prabowo)

Selain membahas mengenai peristiwa di Kanjuruhan, Malang, Jokowi juga membahas mengenai rencana penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Sebagaimana diketahui, Indonesia rencananya akan menjadi tuan rumah turnamen sepak bola antar negara-negara di dunia pada tahun 2023 mendatang.

"Dan juga berbicara mengenai FIFA U-20 berbicara banyak," kata Jokowi

Namun meski demikian, Jokowi belum bisa memastikan apakah Indonesia akan mendapat sanksi atau tidak dari FIFA atas tragedi yang menelan seratus lebih korban jiwa itu. Jokowi mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan dari FIFA.