Lemhannas Sampaikan Hasil Kajian Soal Politik Identitas ke Jokowi

Andi Widjajanto Dilantik Oleh Presiden Jokowi Sebagai Gubernur Lemhanas
Sumber :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Para peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIII dan PPRA LXIV Tahun 2022 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, berkumpul di Istana Negara pada hari Rabu 12 Oktober 2022 untuk menerima arahan dari Presiden Jokowi. Dalam kesempatan itu, para peserta PPRA LXIII dan LXIV juga menyampaikan hasil kajian isu strategis mengenai konsolidasi demokrasi dan kepemimpinan Indonesia di G20 kepada Presiden Jokowi. 

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto mengatakan, kajian tersebut telah diseminarkan sebelumnya oleh PPRA LXIII dan PPRA LXIV Tahun 2022 Lemhannas RI

“PPRA LXIII memberikan kajian tentang konsolidasi demokrasi, bagaimana mereduksi politik identitas. Lalu PPRA LXIV memberikan kajian kepada Presiden tentang kepemimpinan G20, bagaimana memperkuat kolaborasi demi meningkatkan konektivitas dan rantai pasok global. Dua kajian itu tadi diterima oleh Presiden, dipaparkan inti-inti dari rekomendasi yang diberikan baik oleh PPRA LXIII dan PPRA LXIV,” kata Andi Widjajanto usai pertemuan.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Bendera partai-partai politik. (Ilustrasi)

Photo :
  • Antara/ Fanny Octavianus

Dalam acara tersebut, Andi mengungkapkan sejumlah arahan dan pembekalan yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Diantaranya yaitu Presiden Jokowi meminta para peserta PPRA LXIII dan LXIV  untuk dapat memperkuat karakter kepemimpinan dalam setiap penugasan-penugasan ke depan.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

“Presiden memberikan jabaran bagaimana dunia ini sangat sulit, tahun depan mungkin jauh lebih sulit, dunia yang gelap, sehingga diharapkan kepada peserta PPRA LXIII dan LXIV dalam penugasan-penugasan berikutnya itu betul-betul memperkuat karakter kepemimpinannya ke depan,” ujar Andi Widjajanto

Ilustrasi krisis ekonomi

Photo :

Di samping itu, kata Andi, Presiden juga meminta agar Lemhannas melakukan kajian dan memberikan rekomendasi terkait antisipasi dan mitigasi terhadap krisis global. Baik dalam krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan.

“Presiden memberikan arahan bagi kami di Lemhannas untuk membuat kajian-kajian cepat tentang bagaimana mengantisipasi dan mitigasi krisis, yang oleh Presiden diminta kajiannya bersifat makro, bersifat mikro, dikombinasikan, dan juga harus detail dalam merekomendasikan kepada Presiden arah-arah kebijakan ke depan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya