Rektor UGM: Setiap Hari Ada Upaya Peretasan

Rektor UGM, Ova Emilia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi.

VIVA Nasional - Sejumlah website milik UGM menjadi sasaran peretasan hacker. Peretasan ini dilakukan pada Senin, 24 Oktober 2022.

SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat Resmi Diluncurkan, Ini Kata Rektor USU

Setiap Hari Ada Upaya Peretasan

Rektor UGM, Ova Emilia, angkat bicara tentang peretasan yang terjadi pada sejumlah website milik UGM ini. Ova membeberkan dari laporan tim Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM setiap harinya ada upaya peretasan.

Bareskrim Tangkap 142 Tersangka dan Minta Blokir 2.862 Website Judi Online

"Ya (ada upaya peretasan) memang setiap hari. Ini dari laporan DSSDI. Ribuan kali ya (serangan hacker)," kata Ova di Balairung UGM.

Rektor UGM Ova Emilia dan jajarannya.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)
Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Evaluasi Internal

Ova mengatakan untuk mengantisipasi serangan hacker ini pihaknya terus melakukan evaluasi internal terkait keamanan siber di UGM.

"Ini koreksi bagi kita di internal. Bagaimanapun semacam program dan segala macam itu setiap hari berubah. Setiap hari terus bertambah kecanggihannya," kata Ova.

"Kita untuk diretas ini merupakan suatu hal yang harus diantisipasi sejak awal," lanjut Ova.

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Photo :
  • www.ugm.ac.id

Tulis Pesan Soal Konten Seksual

Sang peretas sejumlah website UGM ini sempat menuliskan pesan tentang adanya beberapa konten seksual yang diperjualbelikan di sebuah forum dengan melibatkan mahasiswa sebagai atributnya.

Mengenai pesan dari peretas ini, Ova juga menanggapinya. Ova menuturkan pihaknya akan mengecek tentang isi pesan yang disampaikan oleh peretas tersebut.

"Kita akan cek dulu. Kita ga bisa mengatakan (isi pesan peretas) suatu hal yang valid. Kita akan verifikasi dan bagaimananya. Itu memang akan kita cek dulu keabsahannya," tegas Ova.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya