Jika Sudah Damai, PM Palestina Ajak Jokowi Shalat Berjamaah di Masjid Al Aqsa

Perdana Menteri Palestina, Mohammad IM Shattayeh dan Presiden RI Jokowi
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Kunjungan Perdana Menteri Palestina, Mohammad IM Shattayeh ke Indonesia disambut hangat oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin 24 Oktober 2022. 

Oposisi Pemerintah Israel Desak Netanyahu Segera Akui Negara Palestina

Dalam kunjungan kenegaraan itu, selain membahas mengenai hubungan kerjasama Palestina dengan Indonesia, PM Palestina juga turut mengundang Presiden Joko Widodo untuk shalat berjamaah di Masjid Al Aqsa, Palestina

"Insyaallah semoga pada kunjungan yang berikutnya adalah kunjungan Yang Mulia ke Palestina saat Palestina sudah merdeka dengan Yerusalem sudah merdeka dan kita bisa salat bersama-sama di Masjid Al Aqsa," kata Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor. 

ICC Akan Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Netanyahu, Ini Respons Menhan Israel

Perdana Menteri Palestina, Mohammad IM Shattayeh dan Presiden RI Jokowi

Photo :
  • ANTARA

Namun, ia membahas bahwa kondisi di Palestina saat ini belum membaik karena Israel masih melakukan settlement hingga hari ini. Shtayyeh menyebut korban jiwa telah mencapai 170 orang, sedangkan ribuan orang lain terluka.

Tentara Israel Makin Ganas, Separuh Kota Rafah Dicaplok

PM Mohammad IM Shtayyeh melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, termasuk untuk menandatangani nota kesepakatan (MoU) tentang pendirian Otoritas Obat dan Makanan Independen di Palestina yang bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami mengapresiasi dukungan dan perjuangan Yang Mulia dalam mendukung bangsa Palestina dan mendukung rekonsiliasi bangsa Palestina untuk tercapainya kemerdekaan dan perdamaian bangsa Palestina," ujar PM Shtayyeh.

Presiden Jokowi dan PM Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Shtayyeh menyampaikan dukungan terhadap Indonesia dalam pelaksanaan KTT G20 bulan depan. Ia berharap Indonesia bisa menyuarakan dukungannya terhadap Palestina di forum besar itu.

Ia pun dengan terbuka menyambut jika banyak warga Indonesia yang berkunjung ke Palestina dan Al Aqsa. "Kami juga menyambut banyaknya kunjungan wisatawan Indonesia ke Al Aqsa, ini menjadi bentuk bangsa Indonesia ke Palestina, sehingga ada hubungan rakyat ke rakyat sehingga memperkuat sektor negara ke negara," tambah PM Shtayyeh.

Masjid Al Aqsa adalah salah satu tempat sakral dan bersejarah bagi umat Muslim yang terletak di di Kota Lama Yerusalem, Palestina. Namun lokasi ini juga kerap menjadi tempat berkonflik antara Israel dan Palestina sejak lama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya