Tangani Pesisir Pantai, Menteri LHK Sebut Ekonomi Biru Jadi Perhatian

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya membuka PEMSEA Expo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebutkan, saat ini pemerintah tengah fokus untuk menciptakan ekosistem laut yang sehat dan bersih, dari penanganan wilayahnya hingga ekonomi para penduduk yang ada di pesisir pantai.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Salah satu cara dalam menumbuhkan ekosistem laut yang sehat itu berupa konsep ekonomi kelautan (ekonomi biru). Dimana, selain menumbuhkan ekosistem, cara ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam PNLG Forum 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

"Konsep ekonomi biru merupakan hal yang mendorong pertumbuhan ekonomi, penguatan ekosistem laut, fondasi ekonomi biru adalah ketahanan dan laut yang inklusif, laut yang bersih dan ekosistem laut yang sehat," katanya di Tangerang, Rabu, 26 Oktober 2022.

Di sisi lain, ia menyampaikan, adanya hambatan dalam penerapan ekonomi laut atau ekonomi biru. Mulai dari kerusakan habitat, pengambilan ikan ilegal dan tidak teregulasi yang mengancam ekosistem.

Proyek Tanggul Laut di Pantai Dadap Diduga untuk Perusahaan Swasta, Kementerian PUPR Buka Suara

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

"Namun dalam penerapan ini, ada hambatannya, seperti suplai ikan ilegal, lalu rawan akan ancaman bencana alam, seperti tsunami yang mengancam jiwa manusia. Makanya, kami minta kepada pemerintah daerah bagaimana mereka mengatur atau mengembangkan program ini," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, salah satu cara di wilayahnya untuk bisa menerapkan ekonomi biru adalah dengan penataan mangrove yang baik. Dimana, bukan cuma untuk melakukan mitigasi bencana, namun mampu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir.

"Dalam hal ini, mangrove sebagai fokus di pesisir bagaimana kita tata untuk pencegahan bencana, kerusakan laut, bahkan meningkatkan ekonomi masyarakatnya dengan memberdayakan hasil mangrove, seperti tadi yang dilihat bisa sebagai pewarna pakaian dan lain-lain," ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya