Jelang R20, Enam Rumah Ibadah di Bali Dapat Dana Bantuan

Enam rumah ibadah di Bali mendapat bantuan.
Sumber :
  • Nahdlatul Ulama (NU)

VIVA Nasional – Enam rumah ibadah di Bali mendapat dana bantuan, hari ini. Pemberian bantuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian agenda G20 Religion Forum (R20).

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Zannuba Arifa Chafsoh yang akrab disapa Yenny Wahid, di halaman dalam Pura Jagatnatha kawasan Puja Mandala Nusa Dua, Bali, Selasa, 1 November 2022.

Enam tempat ibadah yang mendapat bantuan adalah Pura Jagatnatha Puja Mandala, Mushala An-Nahdlah, Gereja Protestan Prebiteri Indonesia Jemaat Knowon, Mushala Al-Hidayah Kampung Lebah, Pura Agung Jagatnatha Denpasar, dan Masjid Nurul Huda. Keenam tempat ibadah tersebut masing-masing menerima bantuan sebesar Rp50 juta.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Putri Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid.

Photo :
  • Istimewa.

Yenny yang mewakili Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf itu mengatakan, R20 digelar untuk mendorong semua agama di dunia untuk turut menjadi solusi bagi masalah dunia. Salah satu simbolnya adalah dengan memberikan bantuan lintas agama seperti ini.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Timbulnya konflik berbasis agama, menurut Yenny, karena adanya umat dari agama yang terlalu bersemangat menghadirkan Tuhan, tetapi caranya terlalu berlebihan, sehingga terjadi perpecahan karena mengklaim yang paling benar dan yang lain salah.

“Padahal agamanya sendiri enggak ada masalah, karena semua agama mengajarkan kebaikan,” ujar Yenny.

Ketua Umum PBNU Gus Yahya saat konferensi pers R20 di Bali

Photo :
  • VIVA/Natania

Dia menambahkan, agama yang dulu dianggap menjadi perpecahan, ke depan harus menjadi solusi, harus menjadi kekuatan yang bisa mendorong masyarakat untuk bisa mengayomi sesama manusia.

“Kalau kami sejak awal sudah didoktrin bahwa Islam rahmatan lil 'alamin, rahmat untuk alam semesta. Jadi kami yang Islam enggak boleh hidup untuk dirinya sendiri, tapi dia harus mampu menjadi pengayom untuk seluruh makhluk Tuhan,” katanya.

R20 diadakan di Bali, 2-3 November 2022 dan akan dihadiri lebih dari 400 undangan dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan dari berbagai negara dengan jutaan pengikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya