Jadwal Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dimajukan Jadi 14 November 2022

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Nasional – Peresmian masjid hadiah dari Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) kepada Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah bakal dimajukan. Masjid yang diberi nama Masjid Raya Sheikh Zayed Solo itu bakal diresmikan Presiden Jokowi dan Pangeran MBZ pada Senin, 14 November 2022.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Seperti diketahui berdasarkan rencana awal bahwa masjid yang dibangun di atas bekas depo Pertamina, Gilingan, Banjarsari, Solo itu akan diresmikan pada Kamis, 17 November 2022 usai pelaksanaan KTT G20 di Bali tanggal 15-16 November 2022. Tapi mendadak tanggal peresmian masjid dimajukan tiga hari dari jadwal semula.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)
PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, rencana awal peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo itu dilakukan setelah Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Tetapi ia mengungkapkan bahwa pihak Istana Kepresidenan memberitahukan jika jadwal peresmian dimajukan.

“Peresmian (masjid) maju. Jadi (Presiden Jokowi) dari Kamboja (KTT ASEAN) langsung ben penak dan fokus (KTT G20). (Pangeran MBZ) sudah konfirmasi bisa tadi pagi,” kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Solo, Kamis, 10 November 2022.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Banjarsari, Solo hampir rampung.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Ia memastikan semua proses perbaikan yang menjadi catatan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek pembangunan masjid tersebut telah selesai dilakukan pihak kontraktor. Seperti diketahui pada saat peninjauan, Jumat, 4 November 2022 lalu, Basuki memberikan sejumlah catatan terkait proyek tersebut, di antaranya taman, tulisan Asmaul Husna dan lainnya.

“Bisa, bisa. Masukan Pak Menteri PUPR sejumlah bagian dirapikan dan diperbaiki sudah ditindaklanjuti,” ujarnya.

Kemudian saat ditanya terkait jumlah rombongan Presiden MBZ yang bakal hadir dalam peresmian, Gibran tidak bisa menyebut jumlah pastinya. Tetapi ia memastikan bahwa rombongan dari Uni Emirat Arab yang bakal menghadiri peresmian replika masjid The Sheikh Zayed grand Mosque di Solo itu jumlahnya cukup banyak. “Banyak, banyak (jumlah rombongannya). Nanti penerbangan direct ke sini,” kata dia.

Sehari sebelum jadwal peresmian, Gibran mengungkapkan bakal dilakukan pengukuhan untuk pengurus masjid. Setelah peresmian, masjid tersebut bakal dibuka untuk masyarakat umum melaksanakan salat. “Satu hari sebelumnya akan dikukuhkan pengurus, imam besar dan lain-lainnya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya