Prakiraan Cuaca 14 November 2022: Sejumlah Kota di Indonesia Bakal Diguyur Hujan Lebat

Petugas BMKG melakukan pemantauan cuaca (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Nasional – Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejumlah kota di Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Dikutip dari situs BMKG, pada Senin 14 November 2022, terdapat potensi hujan petir dan lebat di kota Yogyakarta, Bandar Lampung, Bandung, Pangkal Pinang, dan Padang pada siang hari.

Kemudian, hujan sedang hingga ringan juga diperkirakan bakal mengguyur Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Kupang, dan Jayapura.

Viral Video Ikan Berjatuhan dari Langit

Baca juga: Kaesang Pangarep ‘Sentil’ Batik Air di Medsos, Kopernya Nyasar ke Kualanamu

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado dan Medan. Sedangkan, kota lainnya di Indonesia diprediksi akan berawan pada Senin siang ini.

Gelombang Panas di Myanmar Capai 48 Derajat Celcius

BMKG mengemukakan, sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna dan di Samudra Pasifik utara Halmahera yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Natuna hingga perairan timur Riau, dari Jambi hingga Selat Karimata bagian utara, dan di Samudra Pasifik timur Filipina.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan seluruh wilayah DKI Jakarta pada pagi ini akan berawan kecuali Kepulauan Seribu yang akan hujan ringan.

Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.

Photo :
  • Dok: ADM

Lalu pada siang harinya, hujan diperkirakan akan mengguyur seluruh wilayah Jakarta, di mana hujan Sedang akan mengguyur Jakarta Barat, Hujan Petir akan menerpa Jakarta Selatan dan hujan ringan di wilayah lainnya di Jakarta.

Adapun untuk suhu rata-rata hari ini diperkirakan berada di antara 24 derajat hingga 29 derajat celsius.

Sementara itu, untuk kelembapan udara, rata-rata di Ibu Kota Jakarta diperkirakan 80 hingga 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya