Pakar soal Penundaan Sidang Ferdy Sambo Cs: Relaksasi dari Isu Negatif

Ferdy Sambo di Sidang Lanjutan Kasus Brigadir J
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Sidang untuk terdakwa Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait kasus pembunuhan berencana dan perintangan penyidikan tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ditunda selama satu pekan. 

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Direktur Solusi dan Advokasi Institut (SA Institut), Suparji Ahmad menyebut penundaan sidang Sambo cs ini sebagai langkah yang tepat. Terlebih, saat ini, Indonesia tengah menjadi tuan rumah atas penyelenggaraan event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Menurutnya, penundaan sidang Sambo cs ini bisa menggeser perhatian masyarakat ke event KTT G20 tersebut.

"Penundaan sidang yang diminta JPU dengan alasan evaluasi terhadap proses penanganan perkara, tentu berdampak positif terhadap negara, pemerintah dan masyarakat," kata Suparji dalam keterangan tertulis, Senin, 14 November 2022.

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Petugas tes swab memberikan kesaksian dalam sidang pembunuhan Brigadir J

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

"Terlebih mengenai kegiatan G20 ini, juga perlu mendapatkan apresiasi dan perhatian masyarakat tidak hanya di Indonesia sebagai tuan rumah tapi juga dunia," sambungnya.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Suparji melanjutkan, penundaan sidang Sambo cs di tengah perhelatan KTT G20 ini juga bisa menjadi ajang relaksasi dari berbagai isu negatif yang muncul di tengah persidangan berlangsung. Diketahui, sidang Sambo cs ini telah memakan waktu berbulan-bulan.

"Masyarakat agar tidak jenuh dengan persidangan kasus yang notabene memperburuk citra negara dan Polri, isu-isu negatif di masyarakat dapat dialihkan atau direlaksasi dengan kegiatan positif terutama kegiatan atau momen-momen istimewa dari G20 di Bali," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Ade Sofyan mengatakan penundaan sidang terhadap terdakwa FS, PC, RE, RE, dan KM serta terdakwa HK, AP, AR, CP dan BW bukan karena adanya penyelenggaraa

n Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

 "Tidak ada tidak ada, aturan berbarengan aja waktu sidangnya," ujar Ade saat dihubungi wartawan, Sabtu, 12 November 2022.

Ade menjelaskan, penundaan sidang ini dilakukan lantaran akan adanya evaluasi bersama. Dalam evaluasi tersebut, pihaknya akan membahasa sejumlah hal, salah satunya mengenai pengamanan sidang.

"Jadi hasil evaluasi tim pengamanan, melihat situasi dan kondisi memang perlu dievaluasi kembali dengan yang ada di Pengadilan. Supaya kedepan sidang lebih kondusif dan nyaman bagi peserta sidang dan awak media," ungkapnya.

Berikut jadwal hari sidang pekan kelima Ferdy Sambo dan kawan-kawan yang dikeluarkan Humas PN Jakarta Selatan:

Senin, 21 November 2022, sidang terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Ricky Rizal Wibowo, dan Kuat Ma’ruf dengan agenda sidang pemeriksaan saksi.

Selasa, 22 November 2022, sidang terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dengan agenda sidang pemeriksaan saksi.

Kamis, 24 November 2022, sidang terdakwa Hendra Kurniawan, Agus Nurpatria Adi Purnama, Irfan Widyanto, Baiquni Wibowo, dan Chuck Putranto. Agenda sidang untuk Hendra Kurniawan, Agus Nurpatria, dan Baiquni Wibowo, yakni pemeriksaan keterangan saksi dari penuntut umum. Sedangkan terdakwa Irfan Widyanto agenda sidang pemeriksaan saksi lanjutan, dan terdakwa Chuck Putranto agenda sidang pembuktian dari penuntut umum.

Pada hari Jumat, 26 November 2022, sidang untuk terdakwa Arif Rachman Arifin dengan agenda sidang keterangan saksi dari penuntut umum.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya