Jokowi Gunakan Jalur Darat ke Cianjur, Tinjau Penanganan Korban Gempa

Presiden Jokowi kunjungi korban gempa di Maluku.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Selasa 22 November 2022 pukul 11.25 WIB. Keberangkatan Jokowi menuju Cianjur dilakukan untuk memastikan korban gempa mendapatkan penanganan yang memadai.

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

Setibanya di lokasi, Presiden akan meninjau langsung dampak bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21 WIB. Beberapa lokasi yang akan ditinjau langsung adalah rumah sakit, daerah terdampak bencana, dan juga posko pengungsian.

Korban terdampak gempa Cianjur di depan RSUD Cianjur

Photo :
  • AP Photo/Firman Taqur
Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

Perjalanan menuju Cianjur ini ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat meskipun Presiden dapat menggunakan helikopter. 

“Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” ucap Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangannya, Selasa 22 November 2022.

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Bey menjelaskan bahwa Presiden ingin memastikan bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya tidak menemui hambatan dalam pengiriman.

Sebagaimana diketahui, gempa bumi terjadi di Jakarta pada Senin siang 21 November 2022 sekira pukul 13.21 WIB. Sebagian warga yang tengah beraktivitas merasakan getaran yang cukup kencang yang ditimbulkan dari gempa bumi tersebut.

Bangunan roboh akibat gempa Cianjur

Photo :
  • Istimewa

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, tercatat gempa bumi tersebut memiliki kekuata 5,6 Skala Richter. Pusat titik gempa terjadi di kedalaman 10 Km wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Kemudian sempat terjadi gempa susulan pada pukul 13.24 WIB.Dalam data yang dibagikan oleh BMKG, dinyatakan tidak ada tanda-tanda terjadinya Tsunami dari gempa tersebut.

Akibat gempa ini, tidak kurang dari 162 orang meninggal dunia. Selain itu ada sekitar 326 orang mengalami luka-luka akibat tertimpa material bangunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya