Beredar Informasi Ada Gempa Besar di Waduk Cirata, BMKG: Hoax!

Waduk Cirata di Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA Nasional - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bandung, angkat bicara terkait beredarnya informasi bahwa ada gempa besar di Waduk Cirata dan Gunung Gede meletus usai terjadinya gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. BMKG memastikan bahwa informasi yang beredar itu adalah berita bohong.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Berita Tidak Benar

“Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” demikian bunyi pernyataan BMKG Bandung diliat dari akun twitter @infoBMKG, Rabu 23 November 2022.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Sejumlah jaring apung beroperasi di Waduk Cirata, Kabupaten Bandung Barat, Jawa

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Belum Ada Teknologi

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

BMKG menegaskan informasi tersebut merupakan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat. Sebab, informasi itu tidak mempunyai dasar alamiah yang jelas.

“Perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan dimana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi. Informasi resmi yang diperoleh dari PVMBG. hingga saat ini status Gunang Gede masih dalam status level I atau normal,” tulisnya.

Kemudian BMKG mengimbau agar masyarakat bisa tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan kabar atau informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dampak Jaring Apung di Waduk Cirata

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

“Masyarakat juga diharapkan hanya percaya pada informasi resmi kebencanaan melalui informasi resmi yang dikeluarkan dari pihak yang berhubungan langsung dengan kejadian bencana seperti BMKG, Basarnas, BNPB, Tagana, TNI-Polri dan aparat setempat,” katanya.

Berikut bunyi berita bohong tersebut:

Ijin melaporkan komandan situasi terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB tingkat waspada tinggi wilayah Sukabumi aktivitas yang dilewati garis pergerakan Sesar Cimandiri satu minggu ke depan:
1. Pelabuhan Ratu dan sekitarnya
2. Cibadak dan Cibolang
4. Cicantayan dan Cibolang
5. Sukalarang dan sekitarnya
6. Baros dan sekitarnya
7. Salabintana dan sekitarnya
8. Kadudampit dan sekitarnya

Himbauan bagi warga tetap waspada dan tidak panik serta tak bepergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing.

Terima kasih
Muspika dan Muspida
Kota Sukabumi

Berita Hoax kedua yang beredar:

Voice note yang mengatasnamakan BMKG mengenai akan adanya pergeseran lempeng mengarah ke waduk Cirata. Prediksi BMKG mengenai letak lempengan di paling ujung dekat waduk Cirata ataupun tentang adanya cahaya seperti api menyala di Gunung Gede yang menyebabkan terjadinya erupsi Gunung Gede yang megakibatkan adanya gempabumi di wilayah Kp Singa Barong dan Kp Sarongge, Kabupaten Cianjur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya