Program Dana Desa Era Jokowi Dinilai Jadi Solusi Masalah Pedesaan

Presiden Jokowi pada Silatnas APDESI 2022, di Jakarta, Selasa (29/03/2022).
Sumber :
  • BPMI Setpres/Lukas

VIVA Nasional – Program dana desa yang digagas di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu mengatasi berbagai macam permasalahan masyarakat. Mulai dari permasalahan ekonomi, sosial, hingga kesehatan masyarakat.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Anggota DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan hadirnya program dana desa memang mampu menjadi solusi bagi persoalan masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah. Menurutnya, hadirnya dana desa merupakan bentuk keberpihakan Jokowi pada rakyatnya.

Ilustrasi suasana pedesaan.

Photo :
  • VIVAnews/Muhammad Firman
Depok Masuk Aglomerasi DKJ, Wakil Wali Kota: Semoga Lebih Banyak Positifnya

Selain itu, program dana desa juga mendorong kemajuan-kemajuan khususnya di sektor pembangunan. Berbagai infrastruktur hadir, mulai dari jalan desa, irigasi, jembatan dan lain sebagainya. 

"Anggaran dana desa di era Pak Jokowi diberikan langsung kepada pihak desa untuk bisa menggerakan berbagai pembangunan, pemberdayaan masyarakat, maupun juga tentu mengatasi permasalahan-permasalahan di tingkat desa," kata Melkiades dalam keterangan yang diterima, Sabtu 26 November 2022.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Lebih lanjut, Melkiades melihat bahwa Jokowi sangat serius dalam menjalankan program dana desa. Terbukti dengan besarnya anggaran yang diberikan pemerintah untuk merealisasikan program tersebut. 

"Tentu kita mengapresiasi komitmen politik Pak Jokowi yang telah memberikan dana yang luar biasa besarnya bagi desa-desa di Indonesia," ujarnya.

Presiden Joko Widodo menggagas dana desa sejak periode awal kepemimpinannya. Tercatat hingga tahun 2022, program tersebut tetap konsisten dan telah menyokong dana kepada desa-desa sebesar Rp 468 triliun.

Jokowi melihat proyek penampungan air di Desa Tani Bahkti.

Photo :
  • Setkab

Dana tersebut dimanfaatkan untuk berbagai pembangunan di desa. Presiden Joko Widodo pun meminta pemerintah desa untuk mengelola, memanfaatkan, serta merealisasikan dana desa sebaik mungkin sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi di desa dan secara keseluruhan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Jangan dipikir ini uang kecil, ini uang gede sekali, besar sekali, dalam sejarah negara ini berdiri, desa diberi anggaran sampai Rp468 triliun itu belum pernah. Oleh sebab itu, hati-hati dalam mengelola, me-manage duit yang sangat besar sekali ini," ucap JOkowi pada acara Apdesi 29 Maret 2022 lalu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya