Gempa Dangkal Magnitudo 3,5 Guncang Sukabumi Pagi Ini

Gempa magnitudo 3,5 guncang Sukabumi pada Minggu pagi, 27 November 2022.
Sumber :
  • Dok. InfoBMKG

VIVA Nasional – Gempa bumi terjadi di Sukabumi, yang tak jauh dari lokasi gempa Cianjur. Pagi ini, gempa yang terjadi itu berkekuatan magnitudo 3,5.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Berdasarkan informasi resmi BMKG, gempa terjadi pada pukul 07.21 WIB. Lokasinya ada di 6,92 lintang selatan (LS) dan 106,79 bujur timur (BT).

"Pusat gempa berada di darat 15 km Barat Daya kota Sukabumi, kedalaman: 10 Km," tulis @infoBMKG, Minggu pagi, 27 November 2022.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Sesar Cimandiri?

Gempa ini dirasakan dengan skala MMI II-III di Gubung Guruh. Warganet pun banyak yang penasaran, kenapa gempa tidak kunjung berhenti, apakah masih berkaitan dengan sesar cimandiri.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Sesar mandiri lagi kah pemicu gempanya, padahal beberapa hari lalu sesar cimandiri yang buat gempa cianjur," tulis @arbanirahma. 

"Semoga tidak ada gempa susulan, do'akan kami yang di Sukabumi baik-baik saja," tambah warganet lainnya. 

Seperti diketahui, gempa susulan di Sukabumi telah terjadi mencapai lebih dari 200 kali. Sebelumnya, kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Daryono menyampaikan update gempa susulan yang terjadi pada Jumat, 25 November 2022, per pukul 06.00 WIB pagi. Telah terjadi 236 kali gempa susulan pasca gempa utama Magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Gempa susulan sampai dengan 25 November 2022 pukul 06.00 WIB terjadi 236 kali gempa dengan Mag terbesar 4.2 dan Mag terkecil 1.2," kata Daryono dikutip dari laman instagram pribadinya @daryonobmkg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya