Ini Analisa Dokter Forensik Penyebab Kematian Satu Keluarga di Kalideres

Polisi ungkap penyebab kematian satu keluarga di Kalideres
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA Nasional – Dokter Forensik sekaligus Kepala Instalasi Forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Ade Firmansyah Sugiharto membantah asumsi bahwa satu keluarga di Kalideres tewas karena kelaparan

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Katanya, dua anggota keluarga yakni Budyanto Gunawan selaku paman dan Dian Febbyana sebagai anak sempat makan tiga hari sebelum meninggal dunia. Hal ini terkuak setelah tim forensik melakukan pemeriksaan terhadap temuan feses pada kedua jenazah.

"Kalau kita lihat pada Bapak Budy dan Ibu Dian, kita temukan feses dan kita analisa. Kemudian kita bisa nyatakan bahwa almarhum Budyanto dan almarhum Dian telah makan setidaknya tiga hari sebelum yang bersangkutan meninggal dunia," ujar Ade dalam konferensi pers, Jumat, 9 Desember 2022.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Rumah menjadi lokasi penemuan satu keluarga dibunuh oleh anaknya di Magelang

Photo :
  • tvonenews.com

Sementara itu, Dokter Spesialis Forensik Rumah Sakit Bhayangkara Jakarta Asri M Pralebda juga mengungkap hal serupa. Ia menyatakan analisa feses ini dapat diyakini sebagai bantahan bahwa keluarga di Kalideres khususnya almarhum Budyanto dan Dian tidak meninggal karena kelaparan.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

"Ditemukan karbohidrat dan serat pada analisa feses Bapak Budyanto dan Dian. Itu sudah menyingkirkan asumsi mereka berdua meninggal dunia karena kelaparan," ungkap Asri.

Pun dalam kesempatan itu, Asri mengungkap urutan dan penyebab kematian keempat anggota keluarga di Kalideres, Jakarta Barat. Kematian pertama diawali oleh Rudyanto Gunawan (71), sang istri Renny Margaretha Gunawan (58), iparnya Budyanto dan anak Rudi, Dian.

"Sebab kematian Pak Rudy itu penyakit saluran cerna, Ibu Renny kelainan payudara, Pak Budi serangan jantung akut dan Bu Dian gangguan pernafasan atau penyakit pernafasan kronis," tandas Asri.

Diberitakan sebelumnya, penemuan empat jasad yang merupakan satu keluarga di dalam sebuah rumah, menggegerkan warga Kalideres Jakarta Barat, Kamis, 10 November 2022.

Polisi olah TKP di rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Keempat orang yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu yakni Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58), kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni Budyanto Gunawan, yakni ipar dari Rudyanto.

Polisi menduga Reni Margaretha menjadi orang yang pertama meninggal dalam satu keluarga di Kalideres, Jawa Barat. Diperkiraan Margaret meninggal sejak 13 Mei 2022.

"Sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa ada yang meninggal pertama sejak 13 Mei. Diduga ini bernama ibu Margaret," kata Ditkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi saat konferensi pers, Senin, 21 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya