Unhan Polisikan Akun Twitter yang Fitnah Rektornya

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Prof Amarulla Octavian
Sumber :
  • Humas Unhan

VIVA Nasional – Kabag Hukum dan Kepegawaian Biro Umum, Universitas Pertahanan (Unhan RI), Kolonel. Arm Guntur Eko Saputra melaporkan pelaku fitnah akun twitter atas nama Hayat@ayatatul ke Polres Kabupaten Bogor dan Bareskrim Polri.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Menurut Guntur, laporan tersebut dibuat sebagai bentuk Universitas Pertahanan RI sangat mematuhi hukum di Indonesia. Unhan RI memastikan bahwa fitnah yang dibuat oleh pemilik akun Twitter Hayat@ayatatul tidak sesuai dengan fakta dan mencemarkan nama baik.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Guntur menjelaskan bahwa, Hayat selain memfitnah kepada pribadi atas nama Rektor Unhan RI, fitnah juga diarahkan untuk menjatuhkan nama baik Unhan RI sebagai institusi resmi pemerintah. Oleh karena itu, dia memohon Bareskrim Polri untuk mengusut tuntas laporan tersebut.

“Kami resmi melaporkan orang yang sengaja memfitnah dan membuat postingan pelecehan terhadap rektor Unhan, bernama Hayat@ayatatul. Nomor laporannya tertuang dalam LP/B/0738/XII/2022/SPKT/Bareskrim Polri," ujar Guntur di Jakarta, Jumat, 16 Desember 2022.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Kemudian, dia menjelaskan bahwa disadari sepenuhnya bahwa kini teknologi digital berupa foto-foto sangat mudah direkayasa menjadi berita hoaks di media sosial sebagai alat fitnah. Sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, maka tuntutan hukum juga ditujukan untuk membersihkan nama baik pribadi Rektor Unhan RI dan institusi Unhan RI.

"Secara teknis, sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui bahwa foto-foto tersebut adalah hasil cropping foto-foto lain. Dengan program aplikasi photoshop forensik terbukti adanya illegal editing," sambungnya.

Ia berharap masyarakat tidak mudah terhasut oleh fitnah yang ada dan tetap mempercayai nama baik pribadi dan nama baik institusi Unhan RI. 

"Kepercayaan masyarakat kepada para pejabat Unhan RI merupakan salah satu kunci sukses penyelenggaraan pendidikan yang bermutu tinggi oleh para dosen dan mahasiswa Unhan RI. Besar harapan kita semua agar masyarakat luas tidak mempercayai fitnah yang beredar," ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pemilik akun Twitter bernama Hayat@ayatatul membuat postingan yang menunjukkan foto-foto buram Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Prof Amarulla Octavian, bersama wanita. Dalam postingan tersebut dia sambil nyinyir.

Oleh karena itu Universitas Pertahanan RI segera membuat laporan ke Bareskrim Polri agar pemilik akun segera diselidiki dan dihukum sesuai undang-undang republik Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya