18 Saksi Diperiksa Polisi Buntut Kereta Teknis Proyek KCJB Anjlok

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional – Polri tengah menyelidiki insiden kecelakaan yang melibatkan kereta teknis atau kereta kerja pada Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Diketahui, kereta tersebut anjlok pada Minggu, 18 Desember 2022 sore kemarin.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengungkap sebanyak 18 saksi telah diperiksa terkait dengan peristiwa anjloknya kereta teknis tersebut.

"Saksi-saksi yang sudah dipeiksa oleh penyidik Polda Jawa Barat, informasi yang saya dapatkan tadi malam kurang lebih 18 orang. Semua yang terkait masalah kecelakaan itu dimintai keterangan," ujar Dedi kepada wartawan, Senin, 19 Desember 2022.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Dikatakan Dedi, pihaknya juga menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam penyelidikan anjloknya kereta teknis pada proyek KCJB ini. Ia pun tak menutup kemungkinan adanya pihak luar yang juga ikut serta dalam proses penyelidikan ini.

Kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok

Photo :
  • FB
Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

"Ini masih berproses, mencari penyebab kecelakaan itu kan ada ahlinya, nanti baik dari KNKT ataupun dari pihak PT KAI. Bila perlu, nanti melibatkan dari pihak luar sebagai penyedia kereta tersebut," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak tujuh orang menjadi korban dalam insiden anjloknya kereta teknis pada Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Dua dari tujuh korban itu dinyatakan meninggal dunia.

"Saat ini updatenya nanti akan saya tanya lagi. Namun, untuk korban meninggal dunia dua orang, kemudian luka berat ada 5," ujar Dedi kepada wartawan.

Pun, kereta teknis atau kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok alias terhempas keluar jalur para pada Minggu, 18 Desember 2022. 

Menurut informasi, rangkaian gerbong kereta kerja itu anjlok di wilayah Cipada-Cikalong, Bandung Barat. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 17.05 WIB. Dari video yang beredar, rangkaian gerbong kereta terguling.

Dalam keterangannya, PT KCIC menyampaikan bahwa kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi pihak terkait, termasuk adanya informasi 4 tenaga kerja yang terluka. Kejadian ini diperkirakan terjadi di area Cipada - Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. 

"Saat ini petugas kepolisian sudah tiba di lokasi dan melakukan pengamanan. KCIC akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini," tulis KCIC dalam keterangannya

Sementara itu, Kepolisian Daerah Jawa Barat menyebut insiden tersebut menelan korban jiwa. Baik korban luka-luka maupun meninggal dunia sudah dievakuasi ke rumah sakit di wilayah Bandung, Jawa Barat.

"Betul kejadian tadi sore (red-Minggu). Kita mengamankan TKP, lokasinya di Padalarang. Ada korban (meninggal), tapi masih diidentifikasi tepatnya berapa. Korban luka ada juga. Saat ini sudah dibawa ke RS Santosa," kata Direskrimum Polda Jabar Kombes Pol Yani Sudarto di lokasi.

Pihak Polda Jabar masih menyelidiki kasus tersebut untuk memperoleh kronologi sebenarnya anjloknya kereta teknis KCJB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya