Warga Pilangrejo Kesulitan Air Bersih, Ini yang Dilakukan Relawan Ganjar

Peresmian sumur bor di Pilangrejo, Yogyakarta
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Warga di Dusun Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, saat ini sudah dapat dengan mudah menikmati adanya air bersih. Hal tersebut karena Warga telah menerima bantuan pengeboran sumber air bersih oleh relawan Ganjar Pranowo yang bernama Mak Ganjar.

LaNyalla Minta Masyarakat Daerah Dilibatkan dalam Investasi Asing di Sektor EBT

Sumur bor sedalam 10 meter itu diresmikan oleh Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY, Rindi Astika. Dia mengatakan, pemilihan Dusun Pilangrejo untuk pembangunan sumur bor bertujuan membantu masyarakat ihwal akses air bersih yang sulit didapatkan, lantaran kebanyakan masyarakat masih mengandalkan sumur pribadi. 

Ilustrasi penjualan air bersih

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana
Resmikan Bendungan Sepaku Semoi, Jokowi Pastikan Kebutuhan Air di IKN Terpenuhi

Selain itu, akses air bersih yang diperoleh masyarakat juga masih berlangganan berbayar dari Perusahaan Air Mineral atau PAM, sehingga kondisi tersebut cukup menyulitkan masyarakat Dusun Pilangrejo yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan ibu rumah tangga. 

"Banyak faktor yang membuat kita saat ini berada di Dusun Pilangrejo, salah satunya daerah ini daerah pegunungan, di mana di sini kekurangan air bersih, warga tidak bisa mengandalkan sumur pribadi, sehingga mau tidak mau warga harus berlangganan air PAM dan ada kendala apabila mati lampu dan masyarakat tidak menampung di tandon, otomatis tidak punya air untuk minum, bahkan mandi," ujar Rindi

Tekad Relawan Ganjarist Kawal Ganjar Pranowo Bisa Maju Lagi di Pilpres 2029

Air bersih bagi masyarakat Dusun Pilangrejo selama ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mencuci, memasak hingga mandi. Oleh karena itu, dengan adanya bantuan pembangunan sumur bor itu, Rindi menyebutkan masyarakat Dusun Pilangrejo bisa mendapatkan air bersih secara gratis tanpa harus iuran. 

"Masyarakat pun antusias menyambut sumur bor ini. Mereka sangat kekurangan air bersih dan mengandalkan air PAM yang berbayar. Namun dengan kehadiran sumur bor ini bisa bermanfaat, asal masyarakat tinggal menyambungkan pipanisasi di setiap rumah dan air akan mengalir ke setiap rumah tanpa harus bayar seperti sumur PAM," kata Rindi. 

Bantuan untuk masyarakat dusun pun tak berhenti di situ. Setelah membantu pembangunan sumur bor, Mak Ganjar DIY juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk sembako yang ditujukan untuk mengurangi beban masyarakat. 

Kepala Dusun Pilangrejo, Ferry Hermawan menuturkan, awal kedatangan relawan Mak Ganjar mulai dari proses survei kondisi air bersih sampai tempat pengeboran sumur yang dilakukan dengan penuh semangat dan keikhlasan dalam membantu masyarakat Dusun Pilangrejo.  

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengawasi pengiriman air bersih di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, pada Kamis, 30 Agustus 2017.

Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

Ferry pun selaku yang mewakili warga Dusun Pilangrejo, menyampaikan apresiasi dan juga berterima kasih kepada seluruh relawan yang secara sukarela membantu warganya terkait air bersih. Dia menyebut, keberadaan dan kehadiran relawan Mak Ganjar, terutama di daerah terpencil sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Kalau harus nunggu tangki mungkin sekarang sudah tidak efektif, alhamdulillah dengan bantuan (sumur bor) seperti ini kita bisa memanfaatkan dan menggunakan, khususnya masyarakat di Dusun Pilangrejo sehari-hari untuk memasak, mencuci, itu kita tiap hari membutuhkan sumber air seperti ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya