Dihantam Gelombang Pasang, Empat Rumah di Majene Rusak Parah

Gelombang pasang air laut rusak rumah di Majene, Sulawesi Barat.
Sumber :
  • Antara

VIVA Nasional – Gelombang pasang air laut terjadi di Desa Tammerodo Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Sebanyak empat unit rumah rusak akibat dihantam gelombang air pasang tersebut.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Hal itu diungkapkan Hermadi, seorang warga di Majene. Ia mengatakan, rumah tersebut mengalami kerusakan parah.

"Terdapat empat rumah warga yang kami sampaikan kepada pemerintah dalam kondisi rusak berat, akibat terjangan gelombang pasang," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu, 25 Desember 2022.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Gelombang pasang di perairan Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO

Warga pun disebut panik akibat gelombang pasang yang menghancurkan rumah tersebut. Mereka, lanjut Hermadi, berlari ke jalan raya untuk menyelamatkan diri.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Sebelum menghancurkan rumah warga, sambung Hermadi, gelombang pasang juga menghancurkan tanggul penahan ombak.

"Gelombang air laut dari Selat Makassar tampak menakutkan karena tinggi dan kencang, karena bersamaan dengan air laut pasang, gelombang datang disertai dengan kencang menghancurkan rumah warga," katanya.

Ia mengatakan, warga sempat berlarian ke jalan menyelamatkan diri meninggalkan rumahnya, dan saat ini mereka mengungsi ke rumah keluarganya.

"Warga berharap bantuan pemerintah karena saat ini sudah kehilangan tempat tinggal, selain kehilangan rumah warga juga kehilangan barang berharga mereka dibawa gelombang air laut pasang," katanya.

Sementara itu penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik tetap meminta warga dapat tetap waspada karena perairan Sulbar sedang dilanda cuaca ekstrim.

Ia juga meminta agar warga mewaspadai bencana banjir dan longsor yang bisa terjadi pada saat cuaca ekstrim.

"Pemerintah akan berupaya membantu masyarakat dalam kesulitan menghadapi bencana dan meminta agar badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sulbar bergerak membantu masyarakat yang tertimpa bencana," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya