Jokowi Akan Lantik Laksdya Muhammad Ali Jadi KSAL Pengganti Yudo

VIVA Militer: Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali
Sumber :
  • Dispen Kogabwilhan I

VIVA Nasional – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono. Sosok Perwira Tinggi yang akan diangkat menjadi KSAL adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamada Madya Muhanmad Ali.

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Pelantikan KSAL ini akan digelar di Istana Negara Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu 28 Desember 2022. Informasi dari Anggota Komisi I DPR RI Dave Fikarno Laksono membenarkan bahwa sosok yang dilantik sebagai KSAL adalah Laksdya Muhammad Ali.

"Iya benar (Laksdya Muhammad Ali), nanti pelantikannya di Istana" kata  Dave saat dikonfirmasi oleh Viva, Rabu pagi 28 Desember 2022.

Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

VIVA Militer: Laksdya TNI Muhammad Ali

Photo :
  • Dispen Kogabwilhan I

Muhammad Ali diketahui merupakan salah satu perwira profesional dengan latar belakang penugasan pada bidang operasi hingga perencanaan strategis yang merupakan ciri khas TNI AL.

Keluarga Lettu Agam Buka Suara soal Isu Perselingkuhan yang Viral di Medsos

Sebelum menjabat sebagai Pangkogabwilhan I, Muhammad Ali  sempat menjabat sebagai Panglima Komando Armada I. Posisi tersebut didudukinya sejak 24 September 2019 hingga 26 Mei 2020.

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dirinya akan segera melakukan pelantikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono. Jokowi mengatakan akan melantik Kasal pada hari Rabu 28 Desember 2022.

Hal tersebut dikatakan oleh Presiden Jokowi ketika ditanya oleh awak media saat mengunjungi Pasar Pujasera, Subang, Jawa Barat pada Selasa siang. Namun Jokowi tak menyebut siapa yang akan dilantik sebagai Kasal.

"Pelantikan KSAL, KSAL In sya Allah besok, pelantikannya besok KSAL," kata Jokowi, di Subang, Selasa 27 Desember 2022.

Presiden Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI.

Photo :
  • YouTube Setpres

Posisi KSAL sebelumnya dijabat oleh Laksamana Yudo Margono. Namun Yudo telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Yudo juga telah dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI pada hari Senin 19 Desember 2022 lalu. Saat ini Yudo merangkap Jabatan sebagai Panglima TNI dan juga sebagai Kasal sampai Presiden Jokowi melantik Kasal yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya