BMKG: Waspada Gelombang Laut hingga 4 Meter di Pantai Utara Jateng 3 Hari ke Depan

Pantai di Semarang, Jateng.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Emas Semarang Retno Widyaningsih mengingatkan, cuaca ekstrem diprediksi masih akan terjadi hingga tiga hari depan. Gelombang laut setinggi 4 meter kemungkinan akan terjadi di Laut Jawa hingga laut bagian selatan Kalimantan.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Untuk hari ini (Selasa) khususnya, cuaca agak  mereda, tapi tetap dalam kondisi sedang jadi gelombang laut masih sampai 2 meter, khusus di Karimunjawa bisa 2,5 meter. Jadi kalau tadi ada evakuasi wisatawan dengan kapal besar masih memungkinkan. Tapi untuk tanggal 29, 30, 31 Desember itu perlu diwaspadai karena gelombang laut bisa mencapai 4 meter," kata Retno saat memantau kedatangan kapal KM Kelimutu di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Rabu, 28 Desember 2022.

Ilustrasi Gelombang Tinggi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Ia meminta agar wisatawan untuk menunda aktifitas di laut selama tiga hari ke depan karena memang masih berbahaya. Gelombang tinggi tiga hari ke depan diprediksi terjadi di pantai utara Jawa Tengah, perairan Karimujawa, Laut Jawa bagian tengah sampai perairan bagian selatan Kalimantan Tengah.  

Selain wisatawan, lanjut Retno, nelayan juga diminta waspada dan hati-hati. Jika melaut harus diatur jeda waktunya dan pilihan lokasi.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

"Imbauan untuk nelayan, dalam satu hari kadang-kadang kan ada jeda waktu berapa jam, biasanya pagi ya. Jadi diatur, nelayan misalnya melaut di tepian biasanya sampai enam jam, mohon diatur waktunya dengan hati-hati karena dalam satu hari itu kadang ada perubahan yang mendadak dan ekstrem," katanya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya