Kata KPK, Keberadaan Terakhir Harun Masiku Ada di Luar Negeri

Harun Masiku
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan buron Harun Masiku terakhir terdeteksi keberadaannya ada di luar negeri

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

"(Keberadaan terakhir) ada di luar negeri. Informasi yang kita terima begitu," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu, Jumat 6 Januari 2023.

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

Mendapat informasi tersebut, lembaga pemberantas korupsi itu langsung melakukan koordinasi dengan beberapa agensi atau stakeholder di luar negeri untuk melakukan pencarian terhadap Harun Masiku.

"Jadi kita masih koordinasi dengan beberapa agensi dari luar negeri," katanya.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Gedung Merah Putih KPK

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Dalam perkara ini Harun merupakan politisi PDI Perjuangan (PDIP) yang menjadi tersangka kasus dugaan suap pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Dia diduga menyuap komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan supaya dapat ditetapkan sebagai anggota DPR. 

Adapun saat ini nama Harun sudah masuk dalam DPO. Ketua KPK Firli Bahuri mengklaim pihaknya masih mencari keberadaan mantan calon legislatif dari PDIP tersebut.

"Kami tetap komitmen cari sampai kapanpun," kata Firli kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 30 Juni 2022.

Firli berdalih, lembaganya telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mencari Harun Masiku. KPK bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Polri untuk pecarian dalam negeri.

Sedangkan untuk mencari Harun Masiku di luar negeri, KPK sudah bekerjasama dengan Interpol. "Termasuk jejaring kerja sama dengan Kemenlu dan perwakilan Indonesia yang ada di luar negeri," ujar Firli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya