Banjir Bandang Terjang Kompleks Perumahan di Semarang: 1 Orang Tewas, Ratusan Mengungsi

Tim SAR gabungan mengevakuasi warga yang terjebak banjir bandang di Tembalang, Jumat, 6 Januari 2023.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Banjir bandang menerjang kompleks Perumahan Dinar Indah, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jumat sore, 6 Januari 2023. Puluhan rumah sempat terendam banjir hingga nyaris menyentuh atap rumah. Ratusan warga mengungsi.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Sementara itu, dikabarkan bahwa satu orang bernama Agus Purbantoro (50) meninggal dunia karena terjebak banjir. Menurut salah satu warga, Qolby (30), banjir terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu hujan deras sebenarnya tidak lama. Tapi banjir kiriman dari daerah atas menimbulkan air bah yang cukup besar di Kali Pengkol yang merupakan anak sungai Babon.

Terjangan banjir membuat air meluap melewati tanggul dan sebagian sisi tanggul lainnya jebol. Tak pelak banjir bandang pun menggenangi perumahan tersebut. Paling tidak ada 37 KK atau lebih dari seratus warga mengungsi ke Masjid Arrahman kompleks perumahan setempat.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Tadi sempat ada sirine tanda peringatan banjir. Awalnya banjir seperti akan seperti biasa saja, tapi warga sudah mengantisipasi karena pengalaman sebelumnya. Lalu tiba-tiba dari atas ada kiriman banjir yang lebih besar. Langsung air naik dengan cepat sampai ada yang menyentuh atap," jelasnya.

Kabar banjir bandang tersebut dengan cepat tersebar ke media sosial dengan video yang mencekam. Tak butuh waktu lama petugas dari BPBD Kota Semarang, TNI, Polri, tim SAR serta relawan lainnya berdatangan untuk menangani dan membantu warga.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Saat ini, banjir sudah surut, tapi warga tetap mengungsi mengingat kondisi rumah mereka yang berantakan penuh dengan lumpur.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya