Obati Mimisan Ternyata di Dalam Hidungnya Ada Lintah Hidup

Lintah Hidup di dalam Hidung Pria di Bogor
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad AR

VIVA Nasional – Seorang pemuda bernama Jalal (22), mengalami mimisan selama 2 pekan. Saat diobati, ternyata di dalam hidungnya tersebut ada lintah yang masih hidup.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Jalal yang merupakan warga Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat ditangani petugas medis puskesmas menemukan lintah bersarang di hidungnya.

Kepala UGD Puskesmas Sukamakmur, Teguh Yudiana, menuturkan pemuda tersebut datang ke IGD dengan hidung bercucuran darah. 

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

"Dia hidungnya pendarahan terus mimisan. Sudah itu dia berobat ke puskesmas, saya kebetulan lagi piket awalnya pasien datang mengeluhkan sakit di hidungnya. Saya coba periksa pakai senter ternyata ada hitam-hitam di lubangnya bergerak," katanya kepada wartawan, dikutip Sabtu 7 Januari 2023.

Melihat ada yang aneh, lanjut Teguh, dirinya langsung mencoba menyenternya dan memastikan benda apa yang ada dalam lubang hidung. Saat dilihat lebih dekat, ternyata benda tersebut adalah lintah. Dirinya langsung mengambil tindakan medis dengan mengangkat lintah tersebut.

Jangan Lengah! Meski Fatalitas DBD Rendah, Menkes Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

"Ternyata ada lintah. Waktu pakai senter diperiksa benar ada lintah, saya ambil lintahnya besar, lintahnya masih hidup," kata Teguh.

Teguh mengungkapkan, lintah tersebut sudah bersarang selama 2 minggu di hidung Jamal. Analisa itu berdasarkan keluhan medis Jamal yang mengalami mimisan terus menerus sejak 2 pekan terakhir. 

"Dan dari pengakuan pasien, mimisan sudah 2 minggu dan kemungkinan lintahnya ada di hidungnya sudah 2 minggu," ungkap Teguh. 

Kepada petugas medis, kata Teguh, pemuda tersebut mengaku merasa hidungnya sakit dan mimisan sejak mencuci muka di sebuah aliran air di persawahan.

"Jadi menurut pasien awalnya cuci muka di sawah,  enggak tahunya ada yang masuk juga itu lintah. Mungkin waktu pertama masuk itu kecil, jadi tidak terasa," ungkap Teguh.

Teguh menambahkan, sejak lintah tersebut diangkat, pasien yang awalnya merasa seperti tersumbat saat flu kini nafasnya kembali normal. 

"Alhamdulillah sudah bisa normal tadinya kan mimisan dan sudah normal nafasnya," ungkap Teguh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya