Momen Jokowi Ajak PM Malaysia Anwar Ibrahim Keliling dan Tanam Pohon di Istana Bogor

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor.
Sumber :
  • Biro Humas Setpres

VIVA Nasional - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menyambut Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim dalam rangka kunjungan kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin 9 Januari 2023. Jokowi mengajak Anwar berkeliling Istana Bogor hingga menanam pohon. 

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Setelah menyambut Anwar dengan lagu kebangsaan masing-masing negara, kedua pemimpin negara itu saling memperkenalkan beberapa delegasi dari dua negara tersebut.

Kemudian, Jokowi mengajak Anwar berkeliling Istana Bogor sambil berbincang dengan penuh keakraban. Lalu, terlihat sebuah tempat untuk penanaman pohon sudah disiapkan.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Photo :
  • Dok Anwar Ibrahim

Lantas, kedua pemimpin negara itu langsung menuju ke tempat tersebut. Presiden Jokowi dan Anwar Ibrahim pun dengan segera menanam pohon merawan. Pohon itu diketahui jenis yang mendominasi di hutan Sumatera dan Kalimantan.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Dengan berbalut jas lengkap serta peci, Anwar menanam pohon merawan itu dibantu dengan Presiden Jokowi.

Setelah selesai menanam pohon, Jokowi kembali mengajak Anwar menuju Kebun Raya Bogor sambil mengendarai buggy.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan Jokowi bakal membahas kerja sama ekonomi berupa investasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama Anwar Ibrahim di Istana Bogor. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Seri Diraja Zambry Abdul Kadir menyambut kedatangan Anwar Ibrahim dan Dr. Hajjah Wan Azizah Wan Ismail di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Minggu, 8 Januari 2023 malam.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim yang baru dilantik pada November 2022 tersebut melakukan kunjungan bilateral pertama ke Indonesia pada 8 hingga 9 Januari 2023. Kunjungan tersebut atas undangan Presiden RI Joko Widodo.

Sebelumnya, pada 30 Desember 2022, Presiden Jokowi  menerima Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Seri Diraja Zambry Abdul Kadir beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta. 

PM Malaysia Anwar Ibrahim

Photo :
  • Dok Anwar Ibrahim

Juru bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan pertemuan bilateral antara PM Malaysia dengan Presiden Jokowi ini akan membahas kemajuan kerja sama bilateral. Selain itu, menjajaki potensi kerja sama baru dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

Lalu, Endra menyampaikan salah satu isu penting yang akan dibahas yakni kerja sama ekonomi dan investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Endra menambahkan bahwa pada 30 November 2022 silam, Menteri Basuki bersama Otorita IKN, Kementerian Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi, serta jajaran Direksi BUMN melakukan kunjungan kerja dalam rangka promosi peluang investasi di IKN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya