Pangdam Sebut KKB Sebar Hoax Pilot Susi Air Kibarkan Bendera Bintang Kejora

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa saat beri keterangan
Sumber :
  • ANTARA/HO/Pendam XVII Cenderawasih

VIVA Nasional – Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menegaskan berita foto yang disebut pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens berkebangsaan Selandia Baru sedang memegang bendera Bintang Kejora (BK) adalah kabar hoax atau berita bohong.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Dalam foto yang menyebar di medsos terlihat seorang WNA mengenakan celana selutut, sedang berada di tengah-tengah sekelompok pria yang menggenggam senjata laras panjang, kemudian WNA tersebut memegang tiang bendera Bintang Kejora (BK).

Pangdam menegaskan foto hoax itu sengaja disebarkan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) Papua. Pangdam meyakini foto hoax itu karena setelah ditelisik, ternyata foto dan berita tersebut pernah muncul setahun yang lalu tepatnya 24 Pebruari 2022 lalu.
 
"Berita yang tersebar di media sosial itu disebar KSB sejak Selasa (7/2)," kata Mayjen Saleh, Sabtu, 11 Februari 2023.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Sementara terkait pencarian pilot Susi Air, Pangdam menegaskan aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pencarian. Menurutnya, pilot yang menerbangkan pesawat jenis Pilatus Porter milik Susi Air diduga masih bersama kelompok KSB pimpinan Egianus Kogoya.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

"Proses pencarian terhadap pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens asal Selandia Baru terus dilakukan aparat keamanan dari penyanderaan gerombolan KST di wilayah Kabupaten Nduga," ujar Saleh.
 
Senada, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring menambahkan, KSB menyebar berita ke masyarakat Paro Kabupaten Nduga bahwa TNI akan melancarkan operasi militer dan mengancam masyarakat.
 
"Semua itu tidak benar, karena itu adalah upaya provokasi gerombolan KSB dan simpatisannya," jelas Danrem 172/PWY Brigjen TNI Sembiring.
 
Pesawat Susi Air yang dipiloti Philip Mark Mehrtens berkebangsaan Selandia Baru, Selasa Selasa pagi (7/2) dibakar KSB pimpinan Egianus Kogoya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. (Ant)

Lima oknum mahasiswa yang ditangkap polisi di Papua

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Asik Pesta Miras dan Ganja, 5 Oknum Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024