114 WNI dan 2 Jenazah Korban Gempa dari Turki Tiba di Indonesia

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Nasional – Sebanyak 114 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 2 jenazah atas korban gempa di Turki tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 23 Februari 2023.

3 Cewek Remaja Pelaku Perampokan Sadis di Bojonggede, Korban Disekap-Disemprot Obat Serangga

Para WNI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) itu tiba di Terminal 3 Bandara Soetta menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 7890 rute Jeddah (JED)- Jakarta (CGK). 

"Para WNI yang menjadi korban Turki, tiba hari ini pukul 03.00 WIB dini hari," kata Wakapolresta Bandara Soetta, AKBP Anton Firmanto.

Kecelakaan Bus di Ciater, 7 Korban Luka Berat Masih Dirawat di Ruang ICU RSUI

Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Anton Firmanto.

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

Pemulangan para WNI ini dilakukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara, bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Hubinter Polri. 

Pembunuh Mayat Dibungkus Sarung Santai Jualan di Warung Madura Usai Gorok Korban

Dari ratusan WNI yang terdaftar sebagai PMI itu, sebanyak 84 orang di antaranya merupakan WNI biasa dan 8 orang PMI terindikasi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). 

Gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang sebagian besar Turki dan Suriah, pada Senin pagi, 6 Februari 2023.

Photo :
  • AP Photo.

"Ada empat orang pendamping yang terdiri dari 2 petugas Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan 2  orang KBRI. Kemudian, sebanyak 18 orang dari Tim Kemanusiaan  (EMT dan Kemko PMK).  Lalu, ada dua jenazah melalui kargo atas nama Irma Lestari asal Lombok, NTB dan Ni Wayan Supini asal Bali," ujarnya. 

Untuk kedua jenazah akan langsung dipulangkan ke kampung halamannya melalui Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

"Jenazah PMI atas nama Ni Wayan Sutini asal Bali akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 422 take off pukul 13.00 WIB dan tiba di Denpasar Bali pukul 15.50 WITA," 

Sementara jenazah PMI atas nama Irma Lestari  asal NTB, akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 430 take off pukul 10.55 WIB dan tiba di Lombok pukul 13.55 WITA. 

"Seluruh WNI,  kepulangannya dijemput oleh keluarga masing-masing, serta ada yang transit menggunakan jasa penerbangan lanjutan. Sedangkan untuk PMI ditangani oleh pihak BP2MI Bandara Soetta," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya