Innalillahi, Mantan Ketum MUI Ali Yafie Meninggal Dunia

Karangan bunga turut berduka cita (foto ilustrasi)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA Nasional – Mantan Ketua Umum (Ketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ali Yafie meninggal dunia. Ketua Umum MUI periode 1990-2000 dan Rais Aam PBNU periode 1991-1992, wafat pada Sabtu malam, 25 Februari  2023 di usia 97 tahun. 

Anggota DPR Haerul Amri Meninggal Dunia saat Kunjungan Kerja

Informasi KH Ali Yafie menghembuskan nafas terakhirnya ramai tersebar di grup WhatsApp. KH Ali Wafie meninggal dunia di RS Premiere Bintaro sekitar pukul 22.13 WIB.

"INNILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI'UN. Bangsa Indonesia, khususnya umat Islam, kehilangan seorang tokoh ulama (KH. Prof. Ali Yafie). Almarhum pernah menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat 2000-2005," kata mantan Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin dalam keterangannya, Minggu 26 Februari 2023.

Muhadjir soal Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior: Itu Tanggung Jawab Institusi

"Beliau mengalami sakit sudah cukup lama dalam usia yang sudah lanjut. Semoga sakitnya tersebut telah menjadi sarana penggugur dosa," sambungnya.

Viral, Detik-detik Imam Masjid Agung Takalar Meninggal Dunia saat Salat Subuh

Din Syamsudin juga menyebut KH Ali Wafie merupakan sosok ulama yang memiliki wawasan dan pengetahuan islam yang luas serta memiliki sikap teguh dalam prinsip.

"Sebagai Sekretaris MUI waktu itu saya menyaksikan Almarhum adalah seorang ulama yang fakih (mempunyai wawasan pengetahuan keislaman yg luas), dan juga fasih menjelaskan realitas sosial-politik umat/bangsa. Di samping itu beliau memiliki sikap teguh dalam prinsip (istiqamah dan amanah)," katanya.

Dia juga berpesan agar bangsa Indonesia memiliki penerus seperti KH Ali Yafie kedepannya. Din Syamsudin turut menyampaikan penyesalannya karena tidak bisa hadir di rumah duka lantaran sedang berada di luar negeri.

"Menyesal belum sempat menjenguk beliau dan bertakziyah ke rumah duka karena sedang berada di Oran, Aljazair, hadiri sebuah konferensi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya