Profil Eko Darmanto, Pejabat Bea Cukai yang Pamer Harta dan Pesawat Cessna

Eko Darmanto, Kepala Kantor Bea dan Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Sumber :
  • beacukai.go.id

VIVA Nasional – Pejabat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali kepergok memamerkan gaya hidup mewah di media sosial. Setelah ramai pemberitaan soal pejabat dengan motor gede (moge), kini giliran pejabat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang jadi sorotan. 

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

Pejabat DJBC yang dimaksud bernama Eko Darmanto yang menjabat sebagai Kepala Kantor Bea dan Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dia diketahui kerap memamerkan gaya hidup mewahnya di media sosial @Eko_Darmanto_BC. 

Eko Darmanto dianggap kerap memamerkan harta kekayaannya di media sosial dengan memperlihatkan koleksi motor gede (moge) dan mobil antik yang diduga adalah miliknya. Bahkan, dia juga kerap memamerkan pesawat Cessna

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Eko Darmanto Pejabat Bea Cukai Pamer Harta

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Menurut situs resmi Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto mulai menjabat sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta sejak April 2022 silam. Sebelum itu, dia juga dikatakan pernah menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Narkotika. 

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Selain itu, dia juga tercatat sempat menduduki jabatan sebagai Kepala Sub Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai. Sebelum itu, Eko Darmanto sempat tercatat menjabat sebagai Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A2 Jambi.

Namun, menurut laporan LHKPN terakhir, Eko tercatat hanya memiliki harta kekayaan mencapai Rp6,72 miliar. Diketahui bahwa sebagian besar harta kekayaan tersebut berupa tanah dan bangunan. 

Eko tercatat mempunyai 2 aset tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp51,93 miliar yang terletak di Malang dan Kota Jakarta Utara. Dia juga tercatat mempunyai alat transportasi dan mesin yang berupa 9 unit mobil dengan total nilai mencapai Rp2,9 miliar. 

Eko Darmanto, Kepala Kantor Bea dan Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Photo :
  • beacukai.go.id

Kendaraan yang terparkir di rumahnya adalah mobil BMW Sedan, Mercedes Benz Sedan, Jeep Willys, Chevrolet Bell Air, Fortuner, Mazda 2, Dodge Fargo, Chevrolet Apache, dan Ford Bronco.

Kemudian, pejabat dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai itu juga mempunyai harta bergerak lainnya dengan total nilai Rp100,7 juta, tidak mempunyai surat berharga, sampai kas dan setara kas mencapai Rp238,9 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya