Alat Berat Akan Dikerahkan Cari Warga Hilang akibat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Situasi Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVA Nasional – Petugas gabungan segera menurunkan alat berat ke lokasi permukiman terkena dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, untuk mencari warga yang diduga masih hilang.

Hujan Deras, 6 Kecamatan di Tangerang Terendam Banjir

Kepala Polres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan di Jakarta, Sabtu malam, 4 Maret 2023, mengatakan alat berat akan diturunkan ke lokasi pemukiman mulai Minggu pagi dengan pertimbangan keterbatasan yang ada jika evakuasi dilaksanakan pada malam hari.

"Sedianya malam ini kita akan melakukan, memastikan menggunakan alat berat, salah satu fokusnya adalah yang bangunannya mengalami kerusakan roboh cukup besar. Tapi malam ini belum bisa dilaksanakan, menimbang situasi mungkin besok pagi ketika terang kita upayakan evakuasi," kata Gidion.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Kebakaran Pertamina Plumpang

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Pelibatan alat berat tersebut, kata Gidion, tindak lanjut dari informasi warga yang juga dikuatkan dengan pelibatan anjing pelacak atas dugaan adanya korban di dalam puing-puing di lokasi tersebut.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Saya belum bisa memastikan bangunan apa, tetapi bangunan yang terbuat dari permanen hebel gitu, runtuh. Kita menduga di dalamnya ada korban, biar bisa dicari," ucap Gidion.

Sebelumnya, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Jumat (3/3) sekitar pukul 20.00 WIB dan api bisa dijinakkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menurunkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 personel untuk membantu proses pemadaman di lokasi.

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Akibat kejadian tersebut, untuk sementara ada 16 orang meninggal dunia dan ada 38 orang mengalami luka bakar dan sedang dalam penanganan tim medis di rumah sakit. Selain itu, dikabarkan juga masih ada 22 jiwa yang diduga hilang, terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya