5 Strategi Jokowi untuk Indonesia Jadi Negara Maju

Presiden Jokowi sampaikan kata pengantar di Rapat Kabinet Paripurna
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meraih penghargaan tertinggi atas capaian prestasi kerja dan kepemimpinan terhadap bangsa dan negara di Obsession Awards 2023, yang diselenggarakan Rabu, 8 Maret 2023 di kawasan Jakarta Pusat.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Penerimaan penghargaan tersebut, Jokowi diwakili oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Dalam sambutannya, Moeldoko mengatakan ada lima obsesi Jokowi yang dituangkan dalam visi Indonesia.

“Ada lima hal yang dipikirkan bapak Joko Widodo. Yang pertama adalah Indonesia yang tidak ada satupun warganya tertinggal di dalam meraih cita-cita. Yang kedua, Indonesia yang demokratis yang hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Yang ketiga adalah Indonesia sebuah negara hukum yang tidak mengenal atau membedakan satu dengan yang lain. Tidak ada istilah tumpul ke atas tajem ke bawah karena perlakuan yang sama,” ungkap Moeldoko saat memberikan sambutan di acara Obsession Awards 2023, Rabu, 8 Maret 2023. 

UKT Naik Dinilai Ancam Generasi Emas Indonesia, Jokowi Diminta Turun Tangan

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Photo :
  • YouTube TV OMG

“Berikutnya Indonesia yang memiliki ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang sejajar dengan bangsa-bangsa lain, bangsa-bangsa yang besar. Yang kelima adalah Indonesia yang mampu menjaga bangsa dan negara di tengah-tengah kompetisi global yang luar biasa saat ini. Itulah lima obsesi yang tertuang dalam Indonesia,” imbuhnya. 

Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

Untuk menuju kesana, Jokowi telah menyusun lima strategi. Strategi diantaranya yaitu pembangungan infrastruktur hingga reformasi birokrasi.

“Yang pertama adalah pembangunan infrastruktur, tahap pertama. Tahap kedua pemerintahan menempatkan sumber daya manusia sebagai prioritas. Yang kedua melanjutkan infrastruktur. Yang ketiga reformasi birokrasi, agar birokrasi betul-betul menjadi birokrasi yang sangat cepat di dalam memberikan pelayanan,” pungkas Moeldoko. 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Photo :
  • YouTube TV OMG

“Berikutnya yang keempat adalah perbaikan regulasi, agar regulasi itu bisa betul-betul bisa memberikan kepastian kepada semuanya. Dan yang kelima adalah transformasi ekonomi,” terangnya.

Strategi tersebut dibuat Jokowi agar negara Indonesia bisa menjadi negara yang maju. Juga, landasan ini juga disiapkan untuk generasi muda Indonesia.

“Lima hal ini adalah sebuah landasan yang disiapkan oleh bapak Joko Widodo, agar kita bisa lompat menjadi negara maju. Jangan sampai Indonesia terjebak dalam middle income track. Untuk siapa sebenarnya landasan yang kuat ini, adalah disiapkan untuk generasi-generasi muda,” tutupnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya