Rumah Mewah Kepala Bea Cukai Makassar Disebut Tak Tercatat di LHKPN, KPK Merespons

Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Nasional – Beredar informasi bahwa dua rumah mewah milik Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono tidak dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). KPK pun turut merespons hal itu.

Bea Cukai Gelar Sosialiasi Cukai di Bogor dan Banjarmasin

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengatakan Andhi Pramono telah melaporkan dua unit rumah mewah yang berada di kawasan Cibubur. Ternyata ada dua bangunan rumah lainnya yang dimiliki oleh Andhi Pramono.

Kendati demikian, KPK juga masih ingin memastikan terkait dengan dua bangunan rumah lainnya yang kini tengah diperbincangkan oleh publik.

Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

"Kalau yang dimaksud Cibubur-nya itu di Legenda Wisata sudah dilapor. Beliau melaporkan dua tanah dan bangunan di lokasi tersebut, Legenda Wisata, nilai pelaporan di 2011 (dengan nilai) Rp 545 juta," ujar Pahala kepada wartawan dikutip Kamis 9 Maret 2023.

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

"Kedua, dia (Andhi Pramono) punya lagi 153 meter (laporan) tahun 2011, (dengan nilai) Rp 325 juta. Jadi dia melaporkan dua. Semoga yang dimaksud Cibubur yang ini ya. Kalau enggak pasti kita cari yang lain," lanjutnya.

Adapun rumah Legenda Wisata yang dimaksud tersebut beralamat di Kelurahan Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kemudian, kata Pahala, dalam LHKPN yang telah dilaporkan oleh Andhi pada tahun 2021 yakni tertulis ada tiga lahan dan bangunan yang tercatat di Bogor.

Selanjutnya adapun bangunan pertama yakni tanah dan bangunan Seluas 108 m2/121 m2 dengan nilai Rp 124.128.050. Kedua, tanah seluas 7594 m2 dengan nilai Rp 205.050.000. Ketiga, tanah seluas 500 m2 dengan nilai Rp 341.050.000.

Akan tetapi, Pahala enggan mengandai-andai apakah rumah viral yang disebut milik Andhi Pramono itu telah tercatat di LHKPN.

"Poinnya kalau yang dimaksud di Cibubur yang di Tiktok itu di Legenda Wisata itu sudah dilaporkan dengan nilai Rp 500 juta dan Rp 360 juta. Kalau ada yang lain daripada kita nebak-nebak Minggu depan kita undang saja beliau," ucap Pahala.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

Photo :
  • ANTARA FOTO

Namun, hingga kini KPK masih belum dapat menjelaskan secara rinci terkait bangunan tersebut. Lantaran KPK masih akan merencanakan melakukan pemanggilan kepada Andhi.

Sebelumnya, Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial usai video yang memperlihatkan aset mewah miliknya. Aset tersebut adalah rumah mewah seperti istana yang diduga berada di kawasan Legenda Wisata Cibubur. 

Dari video yang beredar tersebut, tampak aset itu berupa rumah tingkat megah dengan kelir putih. Akun yang sama juga tampak membagikan unggahan lain yang menarasikan anak dan istri Andhi Pramono dengan pakaian mahal. 

Hal ini tentu saja membuat Andhi jadi ramai diperbincangkan publik lantaran diduga mempunyai aset yang tidak wajar. Apalagi, Kemenkeu akan memanggil 69 pegawai lantaran adanya kepemilikan harta yang masih janggal. Nah, berikut profil Andhi Pramono selengkapnya. 

Menurut laporan LHKPN terakhirnya yang dilaporkan pada 16 Februari 2022 untuk periodik 2021, Andhi tercatat mempunyai harta kekayaan mencapai Rp13,75 miliar. Diketahui sebagian besar harta kekayaan itu adalah tanah dan bangunan. 

Dia tercatat mempunyai 15 aset tanah dan bangunan dengan total mencapai Rp6,98 miliar. Aset itu tersebar di Kab./Kota Salatiga, dan Kab./Kota Karimun, Kab./Kota Batam, Kab./Kota Bekasi, Kab./Kota Jakarta Pusat, Kab./Kota Bogor, Kab./Kota Banyuasin, dan Kab./Kota Cianjur.

Selain itu, Andhi Pramono tercatat memiliki 13 alat transportasi dan mesin yang berupa 9 unit mobil dan 4 unit motor senilai Rp1,84 miliar. Kendaraan mobil tersebut adalah Mini Morris Sedan, Fiat Sedan, Toyota Corolla, Honda Brio, Ford Sedan, Chevrolet Sedan, Austin Sedan, dan Toyota Jeep.

Sedangkan untuk motor, dia memiliki Honda Sepeda Motor, Honda Beat, dan 2 Piaggio Vespa. Kemudian, Andhi juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp706,5 juta, surat berharga senilai Rp2,99 miliar, sampai kas dan setara kas Rp1,21 miliar. Total harta kekayaan yang dimilikinya adalah Rp13.753.365.726 atau Rp13,75 miliar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya