KPK Sebut 2 Perusahaan Konsultan Pajak Dimiliki Pegawai Pajak

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan
Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami 280 perusahaan yang dimiliki sahamnya oleh 134 pegawai pajak. Hingga saat ini, dua di antara 280 perusahaan itu baru diketahui KPK bergerak di bidang konsultan pajak

"Yang kita cari yang konsultan pajak, karena itu yang pasti berkaitan. Itu yang kita cari. Mungkin sudah ada dua," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan kepada wartawan di Kantor Bappenas, Kamis, 9 Maret 2023.

Pahala memastikan, dua perusahaan yang bergerak di bidang konsultan pajak itu bukan merupakan milik eks pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Enggak (dua perusahaan konsultan pajak bukan milik Rafael Alun), intinya ada dua tapi namanya gue lupa," ungkapnya. 

Lebih jauh, Pahala mengatakan 280 perusahaan yang sahamnya dimiliki 134 pegawai pajak itu tidak termasuk dalam bursa efek. Selain itu, perusahaan itu juga tertutup alias non-listing.

"Bukan, bukan perusahan di bursa. Kalau di bursa kita enggak pusing kan itu bebas, investasi. Semua ini (280 perusahaan) ini tertutup, non-listing. Nah ini mereka yang tertutup, yang punya sendiri dan dia di situ sebagai pemegang saham," ujar Pahala.

Gedung Direktorat Jenderal Pajak

Gedung Direktorat Jenderal Pajak

Photo :
  • panoramio
Halaman Selanjutnya
img_title