KPK Koordinasi ke Polri Soal 15 Senjata yang Ditemukan di Rumah Dito Mahendra

Penggeledahan rumah Dito Mahendra di Kawasan Senopati, Jaksel
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA Nasional – Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan bahwa saat melakukan penggeledahan di rumah Dito Mahendra, tim penyidik berhasil menemukan 15 pucuk senjata api. Dari belasan senjata api yang diketemukan, ada 8 unit senjata api berlaras panjang.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Kemudian, Ali menegaskan akan melakukan penelusuran terhadap kepemilikan belasan senjata api yang ditemukan di rumah Dito Mahendra itu.

"Dalam geledah tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis. Lima pistol berjenis glock satu pistol S&W satu pistol Kimber Micro serta 8 senjata api laras panjang," ujar Ali Fikri di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan pada Jumat 17 Maret 2023.

Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, KPK: Itu Keputusan Sendiri bukan Kolektif Kolegial

"Tentu KPK akan dalami lebih lanjut kepemilikan senjata api tersebut termasuk apakah ada kaitan dengan dugaan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) yang saat ini KPK sedang lakukan. Karena kita tahu modus TPPU saat ini begitu kompleks," lanjutnya.

Penyeldikan terhadap Dito Mahendra hingga saat ini, dikatakan Ali, masih terus dilakukan oleh penyidik komisi antirasuah tersebut. Terutama dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) eks Sekertaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Bisa jadi membelanjakan menyamarkan menyembunyikan asal usul dari hasil tindak pidana korupsi sebagai predikat crime nya sebagai tindak pidana asalnya yang menjadi kewenangan KPK saat ini," ucap Ali.

Selanjutnya, setelah menemukan belasan senjata api di rumah Dito Mahendra, kata Ali, KPK langsung akan berkoordinasi dengan Polri.

"Langkah KPK saat ini tentu sudah berkoordinasi dengan pihak Polri terkait dengan temuan senjata tadi 15 pucuk senjata yang ditemukan di tempat penggeledahan tadi," tutur Ali.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah Dito Mahendra di kawasan Jalan Erlangga V Nomor 20 Senopati, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, terdapat sejumlah petugas KPK yang tengah melakukan penggeladahan yang diduga rumah Dito Mahendra. Kemudian, tampak pula petugas kepolisian yang berjaga di depan rumahnya.

Penggeledahan itupun masih berlangsung dirumah Dito Mahendra ini. Namun, sejumlah awak media tidak dapat masuk melihat berlangsungnya penggeledahan.

"Informasi yang kami terima betul, rumah di Jakarta. Masih berlangsung," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi pada Senin 13 Maret 2023.

Ali menjelaskan bahwa penggeledahan yersebut diduga terkait dengan penyidikan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Nurhadi.

"Penyidikan dugaan korupsi dan TPPU tersangka NHD," beber dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya