Travel Umrah yang Buat Jemaah Gak Bisa Balik Indonesia Bikin Korban Rugi Hampir Rp 100 M

AKBP Joko Dwi Harsono
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA Nasional – Kerugian jemaah yang tertipu pemilik travel umrah yang menelantarkannya di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke Tanah Air, diprediksi lebih dari Rp 91 Miliar.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

"Kemudian kerugian yang sudah kita himpun dari beberapa laporan polisi itu ada Rp 91 miliar lebih itu dalam berupa uang," ucap Kepala Subdirektorat Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Joko Dwi Harsono kepada wartawan, Selasa 28 Maret 2023.

Pihaknya menemukan aset milik PT Naila Syafaah Wisata Mandiri tersebut. Mulai dari rumah, mobil, lalu barang-barang elektronik. Kata dia jumlahnya masih bisa bertambah seiring berjalannya penyidikan yang dilakukan oleh polisi.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

"Iya, itu masih bisa berkembang karena memang diduga cabangnya banyak dimana mana dan kami yakin banyak korban yang belum melaporkan," kata dia.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Sebelumnya diberitakan, polisi mengungkap lagi penipuan umrah. Kali ini, jumlah korbannya mencapai ratusan orang.

Terungkapnya penipuan ini setelah Satuan Tugas (Satgas) antimafia umroh Polda Metro Jaya menerima laporan dari Kementerian Agama (Kemenag) soal adanya jemaah umrah yang tidak bisa pulang ke Tanah Air.

"Jadi korban ini mengadu ke Konjen di Arab Saudi, aduan itu kemudian disampaikan ke Kemenag dan akhirnya sampai ke kita," ucap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Senin 27 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya