Puncak Arus Mudik di Tol Tangerang-Merak Diprediksi pada H-7 Lebaran 2023

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Puncak mudik Lebaran 2023 di tol Tangerang-Merak diprediksi terjadi pada H-7 Idul Fitri 1444 H, atau terjadi pada Minggu, 16 April 2023. Diprediksi akan ada 184.984 kendaraan yang melintas saat arus puncak tersebut.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kemudian trafik selama arus mudik dan balik Lebaran 1444 H, diprediksi meningkat sebesar 6,68 persen dibandingkan periode sebelumnya pada 2022, dari 156.162 unit menjadi 166.588 unit untuk rata-rata hariannya.

"Puncak arus mudik di Tol Tangerang-Merak diprediksi terjadi pada Minggu, 16 April 2023, dengan lalu lintas mencapai 184.984 kendaraan," ujar Presiden Direktur Astra Tol Tangerang-Merak, Kris Ade Sudiyono, Selasa, 4 April 2023.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Penambahan ruas tol Tangerang-Merak juga sudah dilakukan, tepatnya di segmen Cikande-Serang Timur, dari dua lajur menjadi tiga lajur. Penambahan ruas itu ditargetkan pada H-10 Idul Fitri 1444H sudah dapat difungsikan.

Tol Tangerang-Merak (Tamer)

Photo :
  • VIVA/Sherly
Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Daya tampung kendaraan di rest area KM 43 arah Merak, serta KM 35, tepatnya di gerbang tol Balaraja yang sudah tak terpakai, dialihfungsikan menjadi lahan parkir kendaraan pemudik. 

Kemudian seluruh kantor Tol-Tangerang Merak juga bisa dijadikan rest area bagi pemudik, untuk beristirahat.

"Kami mengoptimalkan area parkir maupun toilet di seluruh kantor gerbang, untuk dapat digunakan oleh pengguna jalan yang masih menunggu waktu untuk menyeberang ke pelabuhan dari Merak menuju Sumatera," ujarnya.

Pelabuhan Merak dikhususkan melayani kendaraan roda empat, sedangkan truk akan dilayani melewati Pelabuhan Pelindo di Ciwandan. 

Jika terjadi antrean lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Merak atau Pelabuhan Merak maka kendaraan dikeluarkan dari gerbang tol sebelumnya, yakni Cilegon Barat, Cilegon Timur, dan seterusnya. Kemudian dilakukan opsi melakukan pengaturan bukaan lajur transaksi di GT Cikupa. 

"Kendaraan barang (truk) yang menyeberang ke Pulau Sumatera keluar di GT Cilegon Timur melalui Pelabuhan Pelindo Ciwandan yang dimulai dari H-7. Sedangkan kendaraan penumpang keluar di GT Merak untuk selanjutnya menyeberang melalui Pelabuan Merak," ujar Kepala Divisi Teknik dan Operasional, Samsul Chair, Selasa, 4 April 2023.

Pemudik hanya bisa berada di dalam rest area selama 30 menit dan harus keluar untuk bergantian dengan yang lainnya. Ratusan toilet telah disiapkan di seluruh rest area Tol Tangerang Merak. "Maksimal durasi istirahat selama periode arus mudik dan balik bagi pengguna jalan adalah 30 menit," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya