Cipali-Merak Bakal Jadi Titik Macet Tertinggi Saat Mudik Lebaran 2023

(Ilustrasi) Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA Nasional – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkap titik-titik arus lalu lintas yang diprediksi akan terjadi kemacetan tinggi saat mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023. Menurut dia, dua titik yang diperkirakan jadi titik macet yaitu Cipali dan Merak.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

“Saya bisa mengatakan bahwa Cipali itu paling krusial, karena di Cipali itu 2 jalur. Sehingga, volume yang akan menekan Cipali amat sangat tinggi,” kata Budi Karya di Mabes Polri pada Kamis, 6 April 2023.

Maka dari itu, Budi mengatakan para stakeholder akan melakukan rekayasa seperti one way. Menurut dia, penerapan sistem satu arah ini dilakukan yang terpanjang dari kilometer 72 sampai 414 kilometer.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Untuk Ciwandan dan Merak, kata dia, relatif sudah teratasi dengan ditambahnya 5 pelabuhan tapi tidak dengan Cipali. “Pengalaman tahun lalu, kita punya masalah di dua tempat arah Cipali dan arah Ciwandan,” jelas dia.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Ia menyebut untuk Cipali tetap dua jalur, tapi kalau ada penambahan empat jalur sampai kilometer 72. Oleh karena itu Kementerian Perhubungan bersama kepolisian intensif melakukan koordinasi untuk arus mudik lebaran.

“Insya Allah berkoordinasi ini akan lebih baik dari tahun lalu, sehingga mudiknya bisa berkesan. Kami tidak pernah berjalan sendiri, kami mengajak semua stakeholder, polisi, Kementerian PU, dibawah koordinator Pak Menteri PMK,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan sebanyak 123,8 juta masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik pada libur Lebaran Idul Fitri 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya