Banjir Bandang Terjang Permukiman di Limbangan Kendal

Ilustrasi banjir
Sumber :
  • dok BNPB

VIVA Nasional – Banjir bandang menerjang permukiman di Desa Kedungboto Limbangan, Kendal, Jawa Tengah, Sabtu, 8 April 2023 sore. Tingginya intensitas hujan menyebabkan aliran Sungai Latung meluap, menyebabkan longsor dan merusak rumah warga.

Bertemu SBY, Sudaryono Dapat Restu Demokrat Maju Jadi Jateng 1?

Dahsyatnya air bah terlihat dari video amatir yang direkam oleh warga setempat. Air deras bergelombang menerjang jalan desa dan merobohkan pos kamling di tepi jalan. Sementara rumah warga yang berada di sekitarnya sebagian rusak.

Tak hanya itu, banjir bandang juga menerjang sejumlah permukiman warga dengan ketinggian air rata-rata 50 sentimeter dan sempat menutup akses jalan desa.

Korban Banjir di Brasil Selatan Bertambah Jadi 29, 60 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Ilustrasi banjir.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Pada Minggu, 9 April 2023, warga dibantu relawan mulai membenahi permukiman mereka yang tertutup lumpur.

PKB Usung Kadernya Yusuf Chudlori Jadi Cagub Jateng di Pilkada 2024

Petugas Pusdalops Kendal, Muhammad Hamam menceritakan, sungai melimpas atau meluap terjadi setelah daerah atas dari permukiman warga diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

"Ada dua rumah yang jebol, yang satu pondasinya sampai menimpa rumah di bawahnya. Tim satgas sudah ke sana untuk mendata kerusakan-kerusakan yang ada," kata Muhammad Hamam.

Penanganan darurat sudah dilakukan dengan membuka akses jalan yang tertutup longsor. Penanganan akan terus dilanjutkan dengan masih melakukan asesmen terhadap warga yang terdampak kejadian.

Pemkab Kendal telah mengirimkan bantuan logistik dan lain-lain untuk dipakai warga selama kondisi darurat masih berlangsung.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya