Tinjau Pelabuhan Merak, Menko PMK Minta Kapal Mudik Harus Layak Jalan

Menko PMK Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • VIVA/ Reza Fajri.

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta kapal yang akan beroperasi di perairan Selat Sunda selama arus mudik dan balik harus benar-benar layak. Alat keselamatan penumpang juga harus tersedia dan bisa beroperasi sesuai peruntukannya.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Petugas kapal juga harus memberitahu tata cara penyelamatan diri ke penumpang, sehingga pemudik tahu bagaimana mereka menyelamatkan diri ketika terjadi kedaruratan. 

"Para ABK harus memperhatikan keselamatan dan khususnya alat keselamatan baik swim vest, life craft maupun sekoci harus dilengkapi, ini mutlak harus dipenuhi oleh kapal. Jadi jangan sampai terjadi sesuatu, penumpang enggak tahu apa yang harus dikerjakan, sehingga tindakan keselamatan awal harus disampaikan kepada para penumpang sehingga paham," ujar Muhadjir, di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin, 10 April 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Menko PMK, Muhadjir Effendy

Photo :
  • BPJAMSOSTEK

Muhadjir juga mengingatkan ke petugas kapal dan badan yang membawahinya, agar memeriksa kelayakan kapal dengan baik sebelum berlayar karena cuaca di lautan bisa berubah sewaktu-waktu.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Terlebih, jika terjadi kebocoran, kebakaran hingga kecelakaan kapal, penumpang bisa diselamatkan. "Kapal yang digunakan harus betul-betul melek laut. Sehingga selama melaksanakan angkutan lebaran ini, bisa betul-betul aman," katanya.

Tak kalah penting adalah mengatur parkir kendaraan pemudik di atas kapal, sehingga tidak membahayakan bagi muatan lainnya. Muatan kendaraan dan penumpang juga tidak boleh melebihi kapasitas karena akan berbahaya bagi keselamatan bersama.

"Baik pengaturan kendaraan roda dua dan roda empat di kapal juga harus seimbang, karena perjalanan enam jam, sewaktu-waktu cuaca bisa berubah, walaupun saat berangkatnya baik, karena belum tentu di tengahnya baik," katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengajak masyarakat membeli tiket penyeberangan di Pelabuhan Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya, satu hari sebelum keberangkatan arena akan memudahkan pengaturan lalu lintas.

Pembelian tiket bisa dilakukan melalui aplikasi Ferizy ataupun tempat resmi lainnya, agar pemudik tidak ada yang dirugikan.

"Jadi satu hari sebelumnya dan ASDP ada tiket namanya Ferizy dan bisa membeli secara online, dan juga membeli di tempat-tempat tertentu," ujarnya di lokasi yang sama, Senin, 10 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya