Satgas TNI-Polri Sergap Markas KKB Nduga, YL Pembakar Pesawat Susi Air Ditangkap

Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023 mengamankan senjata KKB Nduga
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA Nasional – Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023, berhasil menangkap YL, salah satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga, Papua, yang juga terlibat dalam pembakaran pesawat Susi Air, Senin, 10 April 2023. Tim juga mengamankan sejumlah senjata api dan ratusan butir amunisi dari markas tersangka.

Tim Gabungan TNI dan Polri Lakukan Penyisiran OPM di Intan Jaya Papua

Pengungkapan senjata api dan ratusan amunisi itu oleh Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023, dipimpin oleh Letkol Inf Rinto Wijaya, Danyonif Raider 514/Sabbada Yudha dan Kapten Countri Aurora, serta Ipda Rajab Ilyas dan Ipda Krisna.

"Tim ini berhasil menguasai salah satu markas dari KKB wilayah Nduga mengamankan senjata api dan ratusan butir amunisi," kata Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 yang diwakili Oleh Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol I.G.G. Era Adhinata.

Pembunuh Wanita dalam Koper Gasak Rp43 Juta, Sebagian Uang Dipakai Buat Ongkos Pulang ke Palembang

Era menerangkan pengungkapan senjata api dan ratusan butir amunisi serta sejumlah barang bukti lainnya yang berhasil diamankan oleh Aparat gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023.

"Barang Bukti (BB) yang diamankan tersebut merupakan hasil pengembangan penyelidikan dari anggota KKB wilayah Nduga yang telah diamankan sebelumnya oleh aparat gabungan TNI-Polri berinisial YL," ujar Kombes Era Adhinata.

Polisi Tetapkan Rio Reifan Tersangka Kasus Narkoba, Ini Barang Bukti yang Disita

Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023 mengamankan senjata KKB Nduga

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Adapun barang bukti yang berhasil ditemukan dan diamankan oleh Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023 yaitu 1 pucuk senpi laras panjang AR 15, 1 pucuk GLM, 1 pucuk senpi pendek FN, 3 buah magazen senpi pendek jenis HS-9 dan 1 pucuk senapan angin.

Kemudian, 1 buah peluruh GLM, amunisi 5,56 sebanyak 360 butir, 14 buah magazen senpi panjang, 5 buah HT Icom, 4 buah cas HT, 1 unit laptop, uang sejumlah Rp 620.000, 1 unit teropong serta 1 buah kamera Canon.

Selanjutnya, 3 buah teleskop, 1 buah Radio SSB, 1 unit HP satelit, 14 butir amunisi revolver, 20 butir amunsi HS-9, 1 buah parang, 1 gulung kabel optik, 15 buku catatan, 4 buah pulpen, 10 butir amunisi hampa dan 2000 butir amunisi senapan angin.

Kombes Era Adhinata menyebut tersangka YL sebelumnya terlibat dalam beberapa aksi kejahatan antara lain tahun 2021 pembakaran camp Dolarossa pada tanggal 2 Februari 2021 dan terlibat aksi Kontak tembak dengan TNI yonif Raider 700 di Mapenduma pada tanggal 7 Juni 2022.

Pesawat Susi Air dibakar kelompok KKB, Polisi olah TKP

Photo :
  • ANTARA

Selain itu, kata dia, pelaku YL juga terlibat penembakan pesawat Sam Air PK-SMG di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga pada tanggal 5 Februari 2023, dan terlibat pengancaman 15 pekerja Puskesmas di Distrik Paro, Kabupaten Nduga. 

Pelaku YL pada 7 Februari 2023 juga terlibat aksi pembakaran pesawat dan penyaderaan pilot Susi Air Kapten Philip.

Dengan diamankannya tersangka YL tentunya bisa mengurangi aksi yang akan lebih sporadis dari kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya. "Hal ini merupakan pukulan telak bagi kelompok Egianus," ujar Era Adhinata.

Tersangka YL saat ini masih menjalani pemeriksaan aparat. YL masih kooperatif dan dalam kondisi sehat untuk menjalani pemeriksaan. Polisi masih terus melakukan pengembangan jaringan KKB YL.

Era Adhinata menambahkan untuk situasi saat ini di Kabupaten Nduga masih dalam keadaan aman, namun aparat gabungan tetap melakukan patroli demi memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat di Nduga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya